5 Cara Menggoreng Tempe, Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Rabu, 06 Maret 2024 - 18:20 WIB
loading...
A A A

3. Bumbu dan Adonan


Untuk tempe goreng biasa bisa disiapkan bumbu berupa bawang putih dan garam yang dihaluskan. Bisa juga ditambahkan ketumbar dan kunyit yang dihaluskan. Campur bumbu halus dengan sedikit air.

Selanjutnya, rendam atau olesi irisan tempe dengan bumbu hingga rata. Diamkan selama 15 menit agar meresap lalu tiriskan hingga agak kering.

Jika memakai adonan tepung, bisa disiapkan adonan dari tepung beras, tepung terigu, bawang putih, ketumbar, garam dan air. Jumlah takaran tepung disesuaikan dengan jumlah tempe.

4. Goreng dalam Minyak Banyak


Jangan pelit memakai minyak goreng. Karena menggoreng atau deep frying merupakan teknik memasak dengan banyak minyak hingga bahan makanan terendam atau 'berenang' dalam minyak.

Gunakan minyak bersih yang banyak. Bisa dituangkan dalam wajan atau panci pendek yang lebar. Masukkan tempe berbumbu saat minyak sudah panas benad dan goreng hingga tempe kering lalu tiriskan.

Untuk tempe berbalut adonan, sebaiknya celupkan irisan tempe dalan adonan satu per satu saat akan digoreng. Jangan dibiarkan terendam dalam adonan karena tempe akan lebih banyak menyerap air dan lebih lama kering.



5. Goreng dalam Minyak Garam


Untuk cara praktis, jika tak mau repot membumbui atau membuat adonan, bisa dipakai cara yang lebih praktis. Caranya mudah, panaskan minyak goreng banyak dalam wajan.

Saat minyak mulai panas, tambahkan 2-3 sendok makan garam, sesuaikan jumlah garam dengan minyak. Aduk-aduk hingga garam larut dalam minyak dan sedikit berasap.

Masukkan potongan tempe tanpa bumbu, goreng hingga kuning keemasan dan kering permukaan dan sisinya. Rasa tempe lebih gurih dan garing. Hanya saja cara ini lebih boros minyak goreng.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)