7 Tips Mudah Menyembuhkan Batuk Pilek, Semua Bahan Ada di Rumah!

Sabtu, 09 Maret 2024 - 14:03 WIB
loading...
7 Tips Mudah Menyembuhkan Batuk Pilek, Semua Bahan Ada di Rumah!
Batuk dan pilek bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Mengatasinya bisa menggunakan bahan alami ala rumahan. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Mengatasi batuk dan pilek bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan sulit tidur. Meski penyakit ini biasanya tidak serius, namun bisa membuat Anda merasa sengsara selama beberapa hari.

Nah, untuk mengatasi batuk pilek sebenarnya cukup mudah. Tinggal menggunakan bahan alami yang ada di rumah dan tidak perlu ke dokter jika tidak perah.



Dikutip healts hots, berikut tips ampuh menyembuhkan pilek dan batuk dengan bahan alami ala rumahan.

Tips Menyembuhkan Batuk Pilek

1. Tetap terhidrasi minum air

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat Anda sedang pilek atau batuk adalah tetap terhidrasi. Minum banyak cairan, seperti air putih, teh herbal, dan kaldu bening, membantu menjaga kelembapan tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat.

Selain itu, tetap terhidrasi membantu mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh Anda. Usahakan untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari, dan jaga asupannya terutama jika Anda sedang demam atau berkeringat berlebihan. Sumber gambar: Adobe Stock

2. Hirup uap

Ini dapat meredakan hidung tersumbat dengan segera dan membantu meredakan sakit tenggorokan. Anda dapat menghirup uap dengan bersandar di atas semangkuk air panas dan handuk menutupi kepala untuk memerangkap uap atau dengan menggunakan pelembab udara di kamar tidur Anda.

Menambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti kayu putih atau pepermin, ke dalam air dapat semakin meningkatkan efek dekongestan.

3. Berkumur air garam hangat

Berkumur dengan air garam hangat adalah obat sakit tenggorokan yang sederhana namun efektif. Garam membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri di tenggorokan, sedangkan air hangat memberikan kelegaan yang menenangkan.

Untuk membuat kumur air garam, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah selama kurang lebih 30 detik sebelum dimuntahkan. Ulangi beberapa kali sehari, sesuai kebutuhan, untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan mempercepat penyembuhan.

4. Madu dan lemon

Madu dan lemon adalah dua bahan alami yang dikenal karena sifat menenangkan dan antibakterinya. Mencampur madu dan lemon dalam air hangat atau teh herbal dapat membantu meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan.

Madu melapisi tenggorokan, mengurangi iritasi dan batuk, sedangkan lemon menyediakan vitamin C untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Nikmati minuman hangat madu dan lemon beberapa kali sehari untuk meredakan gejala pilek dan batuk.

5. Semprotan hidung

Semprotan hidung dapat meredakan gejala pilek dengan mengurangi hidung tersumbat, memperlancar pernapasan, dan menenangkan saluran hidung yang teriritasi. Obat ini bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah yang bengkak di hidung, sehingga membantu meringankan hidung tersumbat. Semprotan hidung juga dapat melawan peradangan dan gejala terkait alergi. Nyaman dan mudah digunakan serta memberikan bantuan cepat tanpa rasa kantuk yang sering dikaitkan dengan obat oral.

6. Minum cairan hangat

Minum cairan panas seperti teh, kaldu, atau sup dapat meredakan gejala pilek. Cairan ini membantu meredakan sakit tenggorokan, meredakan hidung tersumbat, dan membuat Anda tetap hangat. Teh herbal, seperti kamomil atau pepermin, menawarkan manfaat tambahan dengan khasiat alaminya. Uap dari cairan panas juga membantu membersihkan saluran hidung sehingga memudahkan pernapasan.


7. Istirahat

Tubuh Anda membutuhkan istirahat ekstra untuk melawan pilek atau batuk. Saat Anda merasa tidak enak badan, utamakan tidur yang cukup dan hindari melakukan aktivitas apa pun. Istirahat memungkinkan tubuh Anda menghemat energi dan fokus pada penyembuhan itu sendiri. Cobalah untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan tenang yang kondusif untuk tidur nyenyak, dan pertimbangkan untuk tidur siang singkat jika diperlukan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)