Efek Stres di Usia 20an, Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua hingga Diabetes

Rabu, 13 Maret 2024 - 09:03 WIB
loading...
Efek Stres di Usia 20an, Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua hingga Diabetes
Stres benar-benar dapat membuat Anda terlihat dan merasa lebih tua, bahkan di usia 20-an. Foto/ getty
A A A
JAKARTA - Stres benar-benar dapat membuat Anda terlihat dan merasa lebih tua, bahkan di usia 20-an. Namun, menurut penelitian baru, efek ini mungkin hanya terlihat pada hari-hari ketika orang merasa tidak bisa mengendalikan kehidupannya sendiri.

Lebih dari seperempat orang dewasa di AS dikabarkan mengalami stres sehingga tidak bisa beraktivitas hampir setiap hari. Hal ini menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh American Psychological Association pada 2022.



Tingkat stres kronis seperti itu dapat berdampak luas pada kesejahteraan mental dan fisik kita, termasuk kecemasan, depresi, penyakit kardiovaskular, asma dan diabetes.

Stres juga dapat menyebabkan kelelahan kronis, obesitas, masalah pencernaan dan gangguan sistem kekebalan tubuh, yang secara kolektif dapat membuat kita merasa lebih tua dari usia sebenarnya.

“Ada penelitian substansial yang menunjukkan bahwa stres membuat orang lanjut usia merasa lebih tua, atau bahkan merasa lebih tua dari usia sebenarnya,” kata Shevaun Neupert, profesor psikologi di North Carolina State University dikutip news week.

Dijelaskannya, ketika orang lanjut usia merasa lebih tua dari usia sebenarnya, hal ini berhubungan dengan sejumlah dampak kesehatan yang negatif.

“Namun, hanya ada sedikit penelitian yang meneliti masalah ini pada orang dewasa muda—yaitu orang-orang berusia remaja, 20-an dan 30-an. Memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena ini di semua kelompok umur dapat membantu kita mengembangkan intervensi yang melindungi kesejahteraan mental dan fisik kita,” tuturnya.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mental Health Science, Neupert dan rekannya mengumpulkan data 107 orang dewasa muda berusia antara 18 dan 36 tahun. Para partisipan dimonitor selama delapan hari untuk mengetahui tingkat stres yang mereka alami setiap hari.

“Temuan kuncinya adalah pada hari-hari ketika peserta penelitian melaporkan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan biasanya, mereka juga dilaporkan terlihat dan merasa lebih tua,” kata Neupert.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)