Begini Makan Sahur yang Benar Agar Tidak Lemas saat Puasa

Rabu, 13 Maret 2024 - 23:55 WIB
loading...
Begini Makan Sahur yang Benar Agar Tidak Lemas saat Puasa
Untuk menghindari rasa lemas saat berpuasa, penting untuk mengonsumsi makan sahur yang seimbang dan berkualitas. Sahur sendiri merupakan waktu penting. Foto/Homage Malaysia
A A A
JAKARTA - Untuk menghindari rasa lemas saat berpuasa, penting untuk mengonsumsi makan sahur yang seimbang dan berkualitas. Sahur sendiri merupakan waktu penting selama menjalankan puasa di bulan Ramadan.

Sebab dengan sahur , Anda akan mendapatkan energi dan nutrisi untuk menjalankan aktivitas selama berpuasa . Sayangnya, tidak semua orang paham makan sahur yang benar. Bahkan, sebagian kerap melewatkan waktu ini karena beberapa alasan.

Saat sahur, penting untuk menghindari makanan manis. Ini karena tinggi kalori dan lemak serta rendah serat yang akan membuat Anda mudah lapar dan lemas saat menjalankan puasa.

Begini Makan Sahur yang Benar Agar Tidak Lemas saat Puasa



Berikut makan sahur yang benar agar tidak lemas saat puasa dilansir dari Health Shots, Rabu (13/3/2024).



1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks


Pilihlah karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oatmeal, atau nasi merah sebagai sumber energi yang tahan lama. Karbohidrat kompleks akan memberikan energi secara bertahap selama puasa.

2. Tambahkan Protein


Tambahkan protein ke dalam sahur Anda untuk membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Contohnya termasuk telur rebus, daging rendah lemak, ikan, tahu, atau tempe.

3. Perbanyak Serat


Serat membantu menjaga pencernaan tetap lancar dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Anda bisa menambahkan sayuran hijau, buah-buahan, atau biji-bijian yang kaya serat ke dalam sahur Anda.

4. Hindari Makanan Tinggi Gula


Makanan tinggi gula seperti kue manis, minuman bersoda, atau permen dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, diikuti oleh penurunan yang tajam dan membuat Anda merasa lemas. Hindari makanan tersebut dan pilihlah sumber karbohidrat yang lebih sehat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)