Bangun Kesiangan? Ini Tips Tahan Puasa Seharian meski Tidak Sahur

Sabtu, 16 Maret 2024 - 04:35 WIB
loading...
Bangun Kesiangan? Ini Tips Tahan Puasa Seharian meski Tidak Sahur
Bangun kesiangan? Ini tips tahan puasa seharian, meski tidak sahur. Foto/ birminghammail.
A A A
JAKARTA – Bangun kesiangan? Ini tips tahan puasa seharian, meski tidak sahur . Anda pun bisa tetap melakukan kegiatan harian.

Sahur merupakan bagian penting sebelum memulai berpuasa di bulan Ramadan. Sahur juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih berenergi untuk beraktivitas sepanjang hari, meski tidak makan atau minum.



Namun, ada kalanya kita terlalu lelah beraktivitas hingga terlewat waktu sahur karena kesiangan bangun tidur. Lantas, bagaimana jika kita kesiangan dan harus tetap berpuasa?

Saat Anda melewatkan waktu sahur, artinya Anda kehilangan kesempatan untuk mengisi cadangan energi. Namun, agar tetap kuat menjalani puasa tanpa sahur, berikut tips-tips yang bisa dilakukan.

Tips tahan puasa seharian meski tidak sahur

1. Tetap melakukan kegiatan seperti biasa

Meskipun tidak sempat melakukan sahur, bukan berarti tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Anda bisa tetap terus melakukan aktivitas seperti sebelumnya, hanya saja ada batasan-batasan yang bisa anda lakukan agar energi yang keluar dari tubuh tidak terlalu banyak yang dapat memicu dehidrasi.

2. Hindari kegiatan yang memerlukan energi besar

Tidak sahur sama dengan tidak memiliki cadangan energi tubuh yang cukup, sehingga perlu diperhatikan dan memforsir kegiatan yang memerlukan energi besar. Kurangi aktivitas seperti berlari dan mengangkat beban besar yang memerlukan tenaga dan energi.

Hal ini bisa saja tetap anda lakukan jika daya tahan tubuh terbilang baik dan sudah terbiasa, namun alangkah baiknya jika dikurangi kuantitasnya.

3. Jangan terlalu sering terpapar terik matahari

Terlalu sering berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari yang terik dapat membuat tubuh kita menjadi cepat lelah karena kekurangan cairan sehingga cepat merasa haus. Oleh karena itu hindari kegiatan yang terpapar sinar matahari langsung.

4. Istirahat yang cukup

Jika anda memiliki banyak waktu luang, alangkah baiknya menggunakan waktu tersebut untuk beristirahat dengan tidur siang karena memungkinkan untuk menahan rasa lapar dan haus, namun jangan lupakan kewajiban untuk melakukan ibadah lainnya ya!

5. Kuatkan niat dan perbanyak ibadah

Seberat apapun cobaan yang dialami ketika berpuasa dan menahan rasa haus dan lapar, jika sudah memiliki niat yang kuat puasa akan mudah dijalani meski tanpa sahur. Disamping niat yang kuat ini juga harus dibarengi dengan memperbanyak ibadah baik yang wajib maupun sunnah.


Tips agar tidak kesiangan bagun sahur

1. Istirahat yang cukup dengan tidur lebih awal
2. Menyiapkan makanan sebelum sahur agar tidak terburu-buru dan memudahkan persiapan makan sahur.
3. Pasang alarm dengan volume besar.
4. Segera mencuci muka atau wudhu setelah bangun tidur agar tidak mengantuk kembali.
5. Jaga asupan cairan dengan minum air putih sesuai kebutuhan.

MG/Rihhadatul Aisy
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)