Begini Cara Menjaga Kebersihan dan Kualitas Ransel Maupun Koper Anda

Kamis, 18 Oktober 2018 - 02:26 WIB
Begini Cara Menjaga Kebersihan dan Kualitas Ransel Maupun Koper Anda
Begini Cara Menjaga Kebersihan dan Kualitas Ransel Maupun Koper Anda
A A A
JAKARTA - Para pelancong atau traveler biasanya bisa dibedakan lewat jenis tas yang dibawa saat melakukan tandang, terlepas dari destinasi wisata yang akan dikunjungi. Ya, terdapat wisatawan dengan tas ransel (backpack) dan koper.

Wisatawan yang lebih menginginkan kemudahan dan kepraktisan umumnya meminati ransel. Mereka kebanyakan wisatawan dinamis dengan jiwa petualang yang suka menjelajahi destinasi-destinasi menantang.

Sementara wisatawan yang lebih suka membawa koper umumnya menjaga masalah kenyamanan saat bepergian. Mereka cenderung menyukai kegiatan berwisata yang terorganisir.

Baik itu ransel maupun koper, keduanya sama-sama menyimpan kenangan yang menarik selama berwisata. Dan menjaga kebersihan dan kualitasnya sangat diperlukan.

"Saat bepergian, koper bersentuhan langsung dengan dunia luar dan berpotensi untuk tergores, kotor, bahkan rusak, sehingga diperlukan tindakan preventif dan juga perawatan setelah pemakaian untuk menjaga ketahanan dari koper tersebut," jelas traveler yang juga pemilik Pressto Indonesia, Regiana Widjaja dalam keterangan tertulisnya.

Pressto Indonesia, penyedia layanan Laundry dan Bags Spa baru di Jakarta, pun mencoba membagikan tips menarik untuk merawat ransel dan koper Anda.

1. Gunakan pelindung koper dan ransel
Lindungi koper dan ransel Anda dengan kain atau plastik pelindung. Beberapa produsen koper dan ransel menyediakannya saat pembelian. Jika tidak ada, Anda dapat membelinya atau pun menggunakan layanan plastic wrapping di bandara. Untuk koper atau ransel berbahan kulit, Anda dapat menambahkan pelembab kulit khusus tas untuk menjaga kelembaban saat bepergian.

2. Hindari over-capacity
Jangan memasukkan barang-barang ke dalam ransel atau koper secara berlebihan yang dapat mengakibatkan kelebihan beban atau bahkan merusak bentuk dari tas tersebut. Susunlah barang bawaan Anda di dalam ransel atau koper secara rapi. "Beban yang terlalu berat dapat merusak roda koper bahkan berpotensi merobek kain pada ransel yang Anda bawa. Oleh karena itu, cermatlah ketika melakukan packing," menurut Regiana Widjaja.

3. Bersihkan langsung setelah penggunaan
Debu dan kotoran pasti akan melekat di bagian dalam dan luar koper dan ransel Anda, sehingga perlu langsung dibersihkan setelah digunakan. "Kotoran yang terlalu lama dapat meresap ke dalam serat bahan koper dan ransel, sehingga menjadi noda permanen yang sulit untuk dibersihkan. Tidak ada noda bukan berarti bersih," terang Regiana Widjaja.

4. Kembalikan pesona koper dan ransel dengan re-coloring
Banyak traveler yang kerap kali mengeluhkan kopernya yang tergores atau memudar karena sering digunakan. Solusi re-coloring atau pewarnaan kembali bisa menjadi jalan untuk mengembalikan kondisi koper dan ransel Anda. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan layanan ini untuk mengganti warna koper favorit Anda, sehingga akan tampak seperti baru dan siap untuk melakukan perjalanan baru lagi.

5. Simpanlah di tempat yang sejuk dan kering
Penyimpanan menjadi langkah terpenting untuk menjaga kondisi koper dan ransel Anda, terutama untuk menghindari jamur dan bau apek yang mengganggu. Oleh karena itu, gunakan kain pelindung dan jauhkan koper dan ransel Anda dari tempat penyimpanan yang lembab. "Kami percaya bahwa perjalanan luar biasa dimulai dari koper atau rasel yang bersih," pungkas Regiana Widjaja.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7173 seconds (0.1#10.140)