Mengapa Aroma Mobil Kerap Bikin Mabuk Perjalanan? Ini Alasannya

Jum'at, 05 April 2024 - 20:32 WIB
loading...
Mengapa Aroma Mobil Kerap Bikin Mabuk Perjalanan? Ini Alasannya
Mudik menggunakan mobil menjadi pilihan terbaik bagi beberapa orang. Namun, salah satu permasalahan yang kerap terjadi saat naik moda transportasi ini adalah mengalami mabuk. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Mudik menggunakan mobil menjadi pilihan terbaik bagi beberapa orang. Namun, salah satu permasalahan yang kerap terjadi saat naik moda transportasi ini adalah mengalami mabuk.

Biasanya, kondisi mabuk saat melakukan perjalanan jauh seperti mudik sering kali dikaitkan dengan wangi-wangian mobil, salah satunya aroma jeruk. Lantas, benarkah aroma atau wangi-wangian mobil menjadi pemicu seseorang mabuk saat melakukan perjalanan jauh? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (5/4/2024).

Ternyata, salah satu penyebab mabuk darat adalah penggunaan pewangi mobil yang tidak tepat, ditambah dengan kondisi badan yang tidak fit. Saat mencium aroma wewangian yang menyengat secara simultan dan terus-menerus, maka akan mempengaruhi kondisi psikis sehingga menjadi penyebab pewangi mobil bisa bikin mabuk darat.



Aroma wewangian sangat berpengaruh pada kondisi psikis dan badan karena indera penciuman berhubungan erat dengan saraf dan peredaran darah. Tidak hanya itu, masih banyak efek berbahaya yang mungkin timbul dari penggunaan pewangi mobil, seperti gangguan penapasan, gangguan janin, hingga kanker.

Untuk itu hindari menggunakan pewangi mobil yang memiliki aroma menyengat dan memasukkan makanan atau minuman beraroma kuat seperti durian.

Tips Memilih Aroma atau Pewangi Mobil

Anda bisa memilih aroma pewangi mobil yang menenangkan dan tidak terlalu menyengat. Contohnya aroma kopi yang menghasilkan wangi alami dan cenderung segar. Dengan menggunakan kopi pewangi mobil, Anda dapat menghadirkan suasana kabin yang nyaman, terlebih bagi yang memang sensitif terhadap bau-bauan.



Jika tidak begitu suka wangi kopi, Anda dapat memilih wangi teh dan lemon yang merangsang pikiran agar lebih tenang dan segar. Paduan keduanya juga dapat menjauhkan rasa kantuk ketika mengemudi dan dipercaya mampu menurunkan jantung yang berdetak terlalu kencang.

Bila suka aroma bunga, Anda bisa pilih pewangi mobil dengan aroma mawar yang menenangkan sekaligus memberikan nuansa segar di dalam kabin.

Terakhir, rekomendasi pewangi mobil yang tidak bikin mabuk darat adalah paduan cinnamon dan pepermint. Keduanya dapat meningkatkan konsentrasi serta menurunkan emosi dan stres.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)