8 Penyakit yang Rentan Menyerang saat Mudik dan Cara Mencegahnya

Sabtu, 06 April 2024 - 12:30 WIB
loading...
A A A

3. Dehidrasi


Terutama penting saat melakukan perjalanan jarak jauh atau di daerah yang panas, dehidrasi bisa menjadi masalah serius. 1. Penting untuk minum air secara teratur selama perjalanan.

Cara mencegahnya termasuk minum air secukupnya, terutama saat merasakan haus. Hindari minuman beralkohol dan kafein yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan bawa air minum yang cukup selama perjalanan.

4. Flu


Virus-virus penyebab pilek dan flu dapat menyebar dengan cepat di kerumunan. Pencegahannya mirip dengan penyakit pernapasan, yaitu dengan mencuci tangan secara teratur dan menggunakan masker.



5. Kecelakaan


Selain penyakit, kecelakaan juga menjadi risiko saat mudik. Pencegahan meliputi berkendara dengan hati-hati dan patuh pada aturan lalu lintas. Hindari mengemudi dalam keadaan lelah atau setelah mengonsumsi alkohol, dan pastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan.

6. Stres dan Kecemasan


Mudik Lebaran sering kali diiringi oleh stres dan kecemasan terkait dengan perjalanan jarak jauh, kepadatan lalu lintas, atau ketidaknyamanan dalam perjalanan.

7. Kerusakan Kulit


Paparan sinar matahari secara berlebihan atau kurangnya perlindungan kulit selama perjalanan dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti sunburn atau kulit kering.

8. Masalah Kesehatan Mental


Perjalanan jarak jauh, terpisah dari keluarga, atau situasi sosial yang stres dapat memicu masalah kesehatan mental. Seperti kecemasan atau depresi.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)