Junk Food Jadi Makanan Pilihan Wanita yang Kesepian, Dipicu Depresi?

Rabu, 10 April 2024 - 00:07 WIB
loading...
Junk Food Jadi Makanan Pilihan Wanita yang Kesepian, Dipicu Depresi?
Wanita yang merasa kesepian cenderung ngidam makanan dan didominasi junk food. Foto/ getty
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru dari University of California, Los Angeles (UCLA) Health menemukan bahwa wanita yang merasa kesepian cenderung ngidam makanan.

Studi UCLA mempelajari 93 wanita dan menanyakan pertanyaan tentang sistem pendukung dan perasaan kesepian mereka. Para wanita ini kemudian diperlihatkan berbagai gambar, beberapa dengan makanan yang bervariasi antara manis dan gurih.



Pemindaian MRI yang direkam selama penelitian menemukan bahwa bagian otak yang terkait dengan keinginan makan menjadi aktif ketika diperlihatkan gambar-gambar ini.

Mengidam secara khusus diaktifkan ketika gambar makanan manis ditampilkan. Studi tersebut melaporkan bahwa wilayah yang terkait dengan pengendalian diri juga mengalami penurunan aktivitas.

Penelitian ini hanya berfokus pada perempuan. Dampak kesepian masih belum diteliti pada laki-laki.

Studi tersebut menemukan bahwa kelompok wanita yang merasa kesepian dan sangat menginginkan makanan manis juga sudah memiliki perilaku makan yang tidak sehat.

Wanita yang memiliki rasa isolasi sosial yang lebih tinggi memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami kualitas makanan yang lebih rendah, keinginan mengidam yang lebih besar, pola makan yang tidak terkontrol, dan peningkatan tingkat masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

“Meneliti bagaimana otak memproses kesepian dan bagaimana hal ini terkait dengan obesitas dan dampak kesehatan belum pernah dilakukan,” kata Arpana Gupta, peneliti dan salah satu direktur UCLA Goodman-Luskin Microbiome Center dan penulis senior studi tersebut.

Gupta memulai penelitian ini karena penasaran dengan bagaimana zaman modern, khususnya setelah pandemi Covid-19 memengaruhi kesehatan mental, perasaan kesepian dan perilaku makan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2504 seconds (0.1#10.140)