Ayam Goreng Pandan Wangi Bikin Makan Semakin Nikmat

Rabu, 05 Desember 2018 - 11:30 WIB
Ayam Goreng Pandan Wangi Bikin Makan Semakin Nikmat
Ayam Goreng Pandan Wangi Bikin Makan Semakin Nikmat
A A A
JAKARTA - Ayam masih menjadi bahan makanan andalan dan favorit banyak orang. Ayam bisa diolah dengan mudah menjadi berbagai hidangan lezat dan nikmat seperti ayam goreng pandan wangi. Gurih dan lembutnya daging ayam dipadu dengan wanginya daun pandan membuat sesi makan semakin nikmat. Anda yang bingung makan malam dengan apa hari ini, bisa membuat ayam goreng pandan wangi.

Berikut resep membuat ayam goreng pandan wangi untuk makan malam seperti dikutip dari akun Instagram @resep_masakanrumah.

Bahan:
500 gr ayam bagian dada
Daun pandan secukupnya
1 batang sereh
1 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1/2 bungkus santan kental kemasan

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
10 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
3 cm kunyit
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Lada secukupnya

Cara membuat:
1. Cuci bersih ayam, potong menjadi beberapa bagian. Haluskan bumbu dengan blender atau diuleg. Masukkan ke wajan. Tambahkan 1 gelas air atau secukupnya hingga ayam terendam. Masukan semua bahan kecuali ayam. Iris tipis daun jeruk, sereh dan lengkuas digeprek.

2. Masukkan ayam. Ungkep ayam hingga sat dan empuk. Matikan api. Angkat dan dinginkan. Siapkan daun pandan. Jika ayam sudah dingin, bungkus dengan daun pandan. Simpulkan daun pandan dengan rapi dan kencang agar ketika digoreng tidak terbuka satu sama lain.

3. Lakukan berulang hingga ayam habis. Goreng ayam seperlunya, goreng dengan api sedang hingga kuning keemasan. Angkat tiriskan. Sajikan bersama sayur kuah dan sambal. Ayam goreng pandan wangi siap dihidangkan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3994 seconds (0.1#10.140)