Heboh! Obat Sakit Kepala Dikaitkan dengan Anemia Aplastik, Penyakit yang Diidap Babe Cabita

Kamis, 18 April 2024 - 13:33 WIB
loading...
A A A
“Itulah manfaatnya kita mengerti label obat: Hijau itu obat yang bisa dibeli tanpa resep, Biru itu obat yg bisa dibeli tanpa resep tapi jumlahnya terbatas, Merah itu harus pakai resep,” tulis dia.

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi ini menjelaskan, selama obat sakit kepala yang dikonsumsi pasien resmi dan dibeli dari apotek, serta sesuai dengan indikasi dan dosis, obat tersebut pada dasarnya masih tergolong aman untuk dikonsumsi.

“Prinsipnya selama obatnya resmi dari apotik, sesuai sama indikasinya dan sesuai dosisnya, ya aman kalau memang diperlukan minum obat saat sedang sakit kepala. Tidak akan kita tiba-tiba jadi penderita anemia aplastik,” paparnya.

Anemia aplastik sendiri, kata dr. Gia, merupakan penyakit langka, di mana sumsum tulang belakang berhenti memproduksi sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.



Penyebab anemia aplastik bisa dipicu dari berbagai macam faktor. Namun, menurut dr.Gia, penyebab umum rusaknya sumsum tulang adalah imun yang menyerang sel punca di dalam sumsum tulang. Karena penyakit ini dipicu oleh imun yang menyerang bagian tubuh sendiri, anemia aplastik dapat dikategorikan sebagai salah satu penyakit autoimun.

“Anemia aplastik itu kondisi LANGKA dimana sumsum tulang tidak memproduksi cukup sel darah merah, putih, dan trombosit. Penyebabnya macam2 tapi terseringnya adalah Autoimun,” tulis dia.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)