3 Gejala Penyakit Mematikan yang Bisa Terlihat di Kaki, Waspadai Bengkak

Minggu, 21 April 2024 - 16:41 WIB
loading...
3 Gejala Penyakit Mematikan yang Bisa Terlihat di Kaki, Waspadai Bengkak
Tiga gejala bahaya pada kaki bisa menjadi tanda peringatan penyakit mematikan. Penyakit mematikan ini disebut silent killer karena gejalanya sulit dideteksi. Foto/Verywell Health
A A A
JAKARTA - Tiga gejala bahaya yang mengkhawatirkan pada kaki bisa menjadi tanda peringatan penyakit mematikan yang bisa membunuh diam-diam. Penyakit mematikan ini sering disebut sebagai silent killer karena gejalanya yang tidak kentara dan sulit dideteksi sejak dini.

Termasuk penyakit kardiovaskular yang merenggut hampir 18 juta nyawa di seluruh dunia setiap tahunnya. Namun, pengenalan dini bisa menyelamatkan nyawa. Beberapa gejala yang tidak terduga pada kaki dapat menandakan keberadaannya yang mematikan.

American Academy of Dermatology (AAD) menunjukkan tiga gejala bahaya utama masalah kardiovaskular dengan memeriksa kaki dan jari kaki. Berikut gejala penyakit mematikan yang bisa terlihat di kaki dilansir dari Mirror, Minggu (21/4/2024).

Gejala Penyakit Mematikan yang Bisa Terlihat di Kaki





1. Bengkak di Kaki


Kaki bengkak, begitu juga tungkai dan pergelangan kaki, merupakan salah satu gejala penyakit jantung. Secara medis dikenal sebagai edema, hal ini menunjukkan bahwa jantung Anda tidak bekerja dengan baik.

“Banyak penyakit jantung menyebabkan cairan menumpuk di kaki dan tungkai bawah. Saat cairan menumpuk, Anda melihat pembengkakan, yang dapat meluas hingga ke tungkai atas dan selangkangan,” kata AAD.

NHS menyatakan bahwa pembengkakan ini akan membaik di pagi hari dan memburuk di kemudian hari.

2. Jari Kaki Biru


Jari kaki yang membiru bisa jadi merupakan tanda adanya penyumbatan pembuluh darah. Saat kedinginan, kulit Anda bisa berubah menjadi biru atau ungu.

“Jika area kulit Anda berwarna biru atau ungu saat Anda sedang hangat, itu bisa menjadi tanda darah Anda tidak mendapat cukup oksigen,” jelas AAD.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)
pixels