alexametrics

Lupakan Resolusi Kesehatan Tahun Baru, Coba Terapkan Resolusi Senin

loading...
Lupakan Resolusi Kesehatan Tahun Baru, Coba Terapkan Resolusi Senin
Banyak orang yang mengalami kegagalan atau tidak tercapai resolusi tahun barunya. / Foto: Aleteia
A+ A-
BALTIMORE - Memasuki tahun baru, banyak orang yang memulai memikirkan tujuan kesehatan seperti menurunkan berat badan, makan lebih sehat, berolahraga dan berhenti merokok. Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa resolusi tahun baru kerap gagal dan tidak tercapai.

Bahkan, menurut jajak pendapat Marist 2017 menyebutkan bahwa sekitar sepertiga orang yang membuat resolusi tahun baru gagal menerapkannya. Dilansir dari CNN, menurut beberapa ahli, dibandingkan menetapkan tujuan selama setahun pada awal tahun, pendekatan yang lebih efektif adalah membuat resolusi Senin.

Resolusi Senin merupakan tujuan mingguan yang dapat dianggap sebagai resolusi kecil, mengambil keuntungan dari momentum alami dari siklus mingguan dan memberi kesempatan untuk memulai baru setiap minggu.



Tidak seperti hari-hari lain dalam seminggu, Senin menawarkan kesempatan untuk mengatur kesehatan, menetapkan niat, merayakan kemajuan atau hanya kembali pada rencana.

"Senin dapat dianggap sebagai tahun baru dalam seminggu. Waktu untuk menyegarkan dan menempatkan perbuatan buruk sebelumnya di belakang kita dan mencoba berbuat lebih baik dalam minggu mendatang," kata Direktur Sekolah Johns Hopkins Bloomberg, Joanna Cohen.

Di tempat lain, Presiden Inisiatif The Monday Campaigns, Peggy Neu sepakat bahwa hal itu bisa mencapai tujuan kesehatan lebih berkelanjutan. "Tahun Baru hanya datang sekitar sekali per tahun, tetapi Senin datang setiap tujuh hari. Pada dasarnya Anda mendapatkan 52 peluang setahun untuk tetap di jalur," jelasnya.

Berfokus pada tujuan atau inisiatif kesehatan baru setiap minggu juga merupakan cara yang baik untuk memudahkan seseorang menjalani gaya hidup baru yang lebih sehat. "Resolusi hari Senin dapat membantu menciptakan hasil positif yang lebih nyata," papar Marjorie Cohn, seorang ahli diet dan juru bicara terdaftar untuk Akademi Nutrisi dan Diet.

Menurut Cohn, menggunakan Senin sebagai isyarat untuk berhenti merokok bisa sangat bermanfaat. "Bagi kebanyakan orang, perlu beberapa kali mencoba untuk benar-benar berhenti untuk selamanya. Tetapi ada banyak pembelajaran mandiri yang terjadi setiap kali Anda mencoba," ujarnya.

"Dengan petunjuk mingguan, Anda bisa mencoba lagi lebih sering dan belajar lebih cepat dan mudah-mudahan menjadi lebih lebih cepat berhasil, dibandingkan hanya berusaha berhenti pada hari tahun baru," imbuh Cohn.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak