alexametrics

Tanjung Perak Jazz Bakal Meriahkan Hari Musik Nasional 2019

loading...
Tanjung Perak Jazz Bakal Meriahkan Hari Musik Nasional 2019
Management Surabaya Entertainer Club (SEC), usai memberikan keterangan pers di Omah Sae Surabaya, Selasa (22/1/2019). Foto/SINDONews/Ali Masduki.
A+ A-
SURABAYA - Memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret 2019, Surabaya Entertainer Club (SEC) akan menghadirkan musisi-musisi Jazz Tanah Air dalam gelaran Tanjung Perak Jazz Festival (TPJF) yang dihelat, Minggu, 10 Maret 2019.

Festival yang pertama kali ini akan digelar di tepi laut, tepatnya didalam markas Koarmada II. TPJF akan dimeriahkan penampilan grup-grup musik dari Surabaya dan sekitarnya, seperti Surabaya All Star, Fussion Jazz Community (FJC), Unesa Big Band, Yudi Barlean (Korek Jazz), Dhany Ugik Trio (Malang Jazz), Sony & Friends (Jombang Jazz), Agung & Friends (Jombang Jazz).

"Artis-artis ibu kota yakni Mus Mujiono, Nita Aartsen, R.I.M.A, Barry Likumahua, Ivan Saba, dan lainnya juga bakal tampil disana," kata ketua pelaksana TPJF FX Boy, Selasa (22/1). Festival akan diselenggarakan dengan tiga venue. Pertama open air di Indoor Sport, Ballroom PTA dan Jazz Boat diatas kapal.



"Untuk venue Indoor Sport gratis," tegasnya.

Dipilihnya Tanjung Perak sebagai lokasi festival, kata FX Boy karena pelabuhan ini memiliki historis dengan jazz. Pelabuhan di Surabaya ini juga menjadi pintu masuk pertama musik Jazz di Indonesia. Secara historis, musik Jazz sendiri lahir dari benua Amerika, meluas ke benua Eropa dan dibawa oleh Musisi Eropa ke Indonesia melalui Tanjung Perak.

"Kemudian uniknya adalah Tanjung Perak memiliki lagunya yang ada sejak dulu," tuturnya.

Surabaya Entertainer Club berharap perhelatan festival ini dapat meningkatkan wisata bahari, menyemarakkan Tanjung Perak Jazz Festival di Indonesia. "Karena kami pantau di Indonesia ini sudah ada 90 lebih Jazz festival, dan ini sudah masuk kalender evet Jazz nasioanl," ucap FX Boy

SEC juga menantang para musisi tanah air berusia diatas 7 tahun untuk mengikuti lomba. Para musisi ditantang mengkreasi lagu "Tanjung Perak Tepi Laut", sesuai aliran musik masing-masing. Untuk mengolah lagu, peserta harus membentuk tim minimal tiga orang dan hasilnya diposting di Instagram.

"Kita menunggu generasi muda ini untuk menggairahkan lagu Tanjung Perak seuai genrenya," tutur koordinator lomba Christian.

Pendaftaran dan babak seleksi akan diadakan melalui Sosial Media Instagram dan akan ditutup pada 1 Maret 2019. Sementara, babak final akan diadakan pada 10 Maret 2019 di panggung TPJF.

"Juara I mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 5.000.000 dan Trophy, Juara II-IV uang tunai sebesar Rp. 500.000 dan Trophy, dan Juara V-X mendapatkan Trophy," papar dia.

Ketua Surabaya Entertainer Club )SEC), Indah Kurnia menambahkan, SEC merupakan Komunitas Musisi dan Penyanyi se-Surabaya yang berperan aktif untuk menyelengarakan pagelaran Jazz. "Tanjung Perak adalah tempat yang paling tepat untuk pagelaran tersebut,"pungasnya.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak