alexametrics

Cara Sempurna Lakukan Detox Rambut

loading...
Cara Sempurna Lakukan Detox Rambut
Banyak wanita yang menghabiskan banyak waktu dan energi untuk melindungi kulit. Namun, tidak banyak yang menjaga kesehatan dan kerapian rambut. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Kekurangan nutrisi, pencemaran lingkungan, ketidakseimbangan hormon, dan gaya hidup merupakan penyebab rambut menipis, kusut, dan kerontokan. Terlebih lagi, penggunaan produk penataan rambut yang sarat dengan bahan kimia, seperti sabun, sampo, masker rambut dapat menyebabkan rambut mati, kusam, berminyak, dan tak bernyawa.

Ahli kecantikan di India, Shahnaz Husain mengungkap, banyak wanita yang telah menghabiskan begitu banyak waktu dan energi untuk melindungi kulit. Namun, tidak banyak orang yang cukup menjaga kesehatan dan kerapian rambut mereka.

“Mencuci rambut secara teratur tidak cukup untuk menjaganya tetap bersih. Keramas saja tidak membersihkan kulit kepala Anda cukup dalam untuk menghilangkan polutan dan kotoran. Pembersihan kulit kepala secara menyeluruh dengan bahan-bahan alami dapat menghidupkan kembali rambut Anda yang cantik dan berkilau serta mengembalikan kesehatan dan kilau rambut Anda,” kata Shahnaz seperti dilansir Times Of India.



Untuk itu, perlu detoksifikasi. Shahnaz pun memberikan tips agar rambut bisa sehat dan terlihat sempurna.(Baca juga: Obesitas pada Anak Berpengaruh Terhadap Emosi dan Perilaku).

1. Pertama-tama, hentikan prosedur yang menyebabkan kerusakan. Rambut yang rusak dalam kondisi rapuh, jadi perlakukan dengan lembut. Hindari sikat dan gunakan sisir bergigi lebar dengan tepi yang halus.

2. Untuk memulainya, lepaskan ujung split Anda. Kemudian, mulailah dengan terapi minyak hangat. Campurkan satu bagian minyak jarak dengan dua bagian minyak kelapa. Panaskan dan aplikasikan pada rambut. Ingatlah untuk menerapkannya juga. Kemudian, celupkan handuk ke dalam air panas, peras airnya dan bungkus handuk panas di sekitar kepala, seperti turban. Biarkan selama 5 menit. Ulangi bungkus handuk panas 3 atau 4 kali. Ini membantu rambut dan kulit kepala menyerap minyak dengan lebih baik. Hindari pijatan yang kuat dan gosok saat Anda mengoleskan minyak.

3. Anda juga bisa menggunakan soda kue untuk detoksifikasi rambut. Sodium bikarbonat adalah pembersih luar biasa dan pengelupas hebat yang dengan lembut menghilangkan penumpukan produk. Campurkan setengah cangkir baking soda dalam 3 gelas air panas dan pijat kulit kepala Anda dengan campuran selama beberapa menit dan bilas. Ini akan menghilangkan akumulasi minyak di kulit kepala dan melawan ketombe. Anda bisa menggunakannya seminggu sekali.

4. Cuka sari apel membantu menghilangkan residu dan minyak produk sambil menambahkan kilau. Campurkan 2 sendok makan cuka sari apel dalam satu cangkir air. Keramas dan kondisikan rambut Anda seperti biasa dan kemudian tuangkan cuka sari apel yang sudah diencerkan ke rambut Anda dan jangan bilas. Ini adalah cara termudah untuk mendetoksifikasi rambut Anda.

5. Anda juga bisa membersihkan rambut dengan garam laut. Campurkan dua bagian garam laut dengan satu bagian shampo dan oleskan pada rambut Anda sampai menghasilkan busa yang baik. Bilas dengan air dingin dan Anda akan menyingkirkan kulit mati. Anda dapat melakukan ini sebulan sekali.

Selain tips tersebut, ada baiknya Anda minum banyak air setiap musim. "Air adalah bahan detoksifikasi yang kuat yang mengeluarkan racun dan kotoran dari tubuh," katanya.

Selain itu, tingkatkan asupan buah-buahan dan sayuran musiman saat mereka meningkatkan pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan, memfasilitasi penyerapan mineral dan vitamin yang tepat yang menjaga kulit kita sehat dan bercahaya. Anda bisa menambahkan amla, aloe vera, ghee sapi, dan bit dalam diet Anda untuk mendetoksifikasi rambut secara alami.

“Jika Anda mengikuti program detoksifikasi dari waktu ke waktu, Anda dapat memulihkan kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Juga, rambut itu seperti kain halus, jadi belajarlah memperlakukannya seperti itu, ”tutur Shahnaz.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak