5 Bahaya Hamil di Usia 43 Tahun Seperti Syahrini, Berisiko Tinggi Alami Diabetes

Rabu, 15 Mei 2024 - 18:30 WIB
loading...
A A A


3. Diabetes Gestasional dan Preeklampsia


Kehamilan setelah usia 40 tahun meningkatkan risiko komplikasi seperti diabetes gestasional dan preeklampsia. Diabetes gestasional menyebabkan gula darah tinggi selama kehamilan. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2016 menemukan bahwa 8,5 persen ibu hamil yang berusia di atas 40 tahun menderita diabetes gestasional, yang merupakan risiko dua kali lipat bagi orang yang berusia di bawah 35 tahun.

Penderita diabetes gestasional lebih mungkin melahirkan bayi dengan berat badan lahir tinggi melalui operasi caesar dan memiliki tekanan darah tinggi. Diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko preeklampsia, kelainan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa bagi orang tua dan bayi.

4. Keguguran


Beberapa bukti menunjukkan bahwa risiko keguguran adalah sekitar 53 persen pada usia 40-an, dibandingkan 10 persen pada usia 20-an. Keguguran adalah keguguran dini yang terjadi sebelum minggu ke-20 kehamilan. Anda mungkin mengalami kram dan muncul bercak.

Keguguran sangat umum terjadi, dan banyak orang mengalami keguguran sebelum mereka menyadari bahwa dirinya hamil. Keguguran bisa menimbulkan trauma dan menimbulkan efek samping emosional, mental, dan fisik.



5. Lahir Prematur


Orang hamil yang berusia di atas 40 tahun lebih mungkin melahirkan prematur dibandingkan orang lain. Pengobatan modern telah membantu bayi prematur bertahan hidup dan menjalani hidup sehat.

Bayi baru lahir yang lahir prematur berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan seperti masalah pernapasan dan makan, cerebral palsy (CP) yaitu sekelompok gangguan keseimbangan dan pergerakan, keterlambatan perkembangan, masalah pendengaran dan masalah penglihatan.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)