Minuman yang Bisa Mencegah Kehamilan, Dapat Merusak Kesuburan

Minggu, 19 Mei 2024 - 06:00 WIB
loading...
Minuman yang Bisa Mencegah Kehamilan, Dapat Merusak Kesuburan
Ada minuman yang bisa mencegah kehamilan lantaran dapat merusak kesuburan. Penelitian menemukan bahwa minuman manis terkait dengan penurunan kesuburan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Ada minuman yang bisa mencegah kehamilan lantaran dapat merusak kesuburan. Penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Epidemiologi menemukan bahwa minum satu atau lebih minuman manis setiap hari terkait dengan penurunan kesuburan, baik untuk pria maupun wanita.

Di Amerika Serikat, infertilitas dialami oleh sekitar 15 persen pasangan. Jika faktor risiko yang dapat dimodifikasi bisa diidentifikasi, maka meningkatkan kesadaran akan mereka dapat membantu mengurangi stres psikologis dan beban keuangan yang dialami oleh pasangan yang berjuang untuk hamil .

Dilansir dari Medical News Today, Minggu (19/5/2024) Contoh faktor risiko yang dapat dimodifikasi untuk infertilitas, misalnya, termasuk faktor gaya hidup seperti diet.

Namun, setengah abad terakhir telah melihat peningkatan yang signifikan dalam jumlah gula tambahan dalam makanan. Sepertiga dari total asupan gula ini berasal dari soda dan minuman manis lainnya, yang dikaitkan dengan kenaikan berat badan dan kondisi seperti diabetes tipe 2.



Minum soda juga terkait dengan menstruasi dini dan kualitas air mani yang buruk, meskipun beberapa penelitian telah menyelidiki efek langsung yang mungkin dimiliki soda pada kesuburan.

Untuk menyelidiki lebih lanjut hubungan potensial antara minum soda dan infertilitas, para peneliti dari Boston University School of Public Health di Massachusetts mensurvei 3.828 wanita, semua berusia antara 21 dan 45 tahun dan 1.045 pasangan pria mereka.

Semua peserta tinggal di AS atau Kanada dan merupakan bagian dari studi kohort prospektif berbasis web Studi Kehamilan Online. Tim mengumpulkan data tentang riwayat medis peserta, faktor gaya hidup, dan diet. Subjek wanita juga menyelesaikan kuesioner follow-up setiap 2 bulan sampai mereka hamil atau periode follow-up 12 bulan berakhir.

Mengevaluasi data mereka, para peneliti mengungkapkan bahwa minum soda dikaitkan dengan pengurangan 20 persen dalam probabilitas pembuahan bulanan rata-rata untuk pria dan wanita.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)
pixels