Minuman yang Bisa Mencegah Kehamilan, Dapat Merusak Kesuburan
Minggu, 19 Mei 2024 - 06:00 WIB
loading...
A
A
A
Minum soda juga terkait dengan menstruasi dini dan kualitas air mani yang buruk, meskipun beberapa penelitian telah menyelidiki efek langsung yang mungkin dimiliki soda pada kesuburan.
Untuk menyelidiki lebih lanjut hubungan potensial antara minum soda dan infertilitas, para peneliti dari Boston University School of Public Health di Massachusetts mensurvei 3.828 wanita, semua berusia antara 21 dan 45 tahun dan 1.045 pasangan pria mereka.
Semua peserta tinggal di AS atau Kanada dan merupakan bagian dari studi kohort prospektif berbasis web Studi Kehamilan Online. Tim mengumpulkan data tentang riwayat medis peserta, faktor gaya hidup, dan diet. Subjek wanita juga menyelesaikan kuesioner follow-up setiap 2 bulan sampai mereka hamil atau periode follow-up 12 bulan berakhir.
Mengevaluasi data mereka, para peneliti mengungkapkan bahwa minum soda dikaitkan dengan pengurangan 20 persen dalam probabilitas pembuahan bulanan rata-rata untuk pria dan wanita.
Baca Juga: 8 Minuman Penambah Stamina Pria, Alami Tanpa Obat Kuat
Untuk menyelidiki lebih lanjut hubungan potensial antara minum soda dan infertilitas, para peneliti dari Boston University School of Public Health di Massachusetts mensurvei 3.828 wanita, semua berusia antara 21 dan 45 tahun dan 1.045 pasangan pria mereka.
Semua peserta tinggal di AS atau Kanada dan merupakan bagian dari studi kohort prospektif berbasis web Studi Kehamilan Online. Tim mengumpulkan data tentang riwayat medis peserta, faktor gaya hidup, dan diet. Subjek wanita juga menyelesaikan kuesioner follow-up setiap 2 bulan sampai mereka hamil atau periode follow-up 12 bulan berakhir.
Mengevaluasi data mereka, para peneliti mengungkapkan bahwa minum soda dikaitkan dengan pengurangan 20 persen dalam probabilitas pembuahan bulanan rata-rata untuk pria dan wanita.
Baca Juga: 8 Minuman Penambah Stamina Pria, Alami Tanpa Obat Kuat
Lihat Juga :