alexametrics

Haruskah Membuang Kuning Telur untuk Turunkan Berat Badan?

loading...
Haruskah Membuang Kuning Telur untuk Turunkan Berat Badan?
Telur adalah sumber protein yang sangat baik dan secara tepat disebut pusat nutrisi. Namun, kuning telur selalu menjadi kontroversi karena dianggap tak sehat. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Telur adalah sumber protein yang sangat baik dan secara tepat disebut pusat nutrisi. Dikemas dengan semua nutrisi penting, telur adalah pilihan terbaik Anda jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau membentuk otot.

Namun, kuning telur selalu menjadi pusat kontroversi. Kuning telur dianggap tidak sehat karena adanya kolesterol tinggi yang terkait dengan masalah jantung. Orang-orang yang menginginkan perutnya rata dan six-pack, mereka juga hanya makan putih telur dan membuang kuningnya.

Apakah kuning telur itu berbahaya? Karena adanya kolesterol tinggi, orang membuang kuning telur dan menganggapnya tidak sehat. Satu telur memiliki sekitar 186 miligram kolesterol, yang semuanya ditemukan dalam kuning telur. Memang benar bahwa kuning telur mengandung kolesterol tinggi, tetapi tidak seburuk yang dikatakan.



Faktanya, tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk membuat testosteron yang membantu meningkatkan tingkat energi dan membangun otot. (Baca juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung).

Telur utuh penuh dengan berbagai nutrisi, sedangkan bagian putih merupakan sumber protein yang kaya. Sisa nutrisi ada dalam kuning telur. Harus diketahui, kuning telur kaya akan zat besi, vitamin B2, B12 dan D, yang hilang dari putih telur. Jika Anda hanya makan putih telur, Anda kehilangan nutrisi lainnya.

Sebuah studi di University of Connecticut menemukan bahwa lemak yang ada dalam kuning telur sebenarnya membantu mengurangi kolesterol jahat dari tubuh. Bahkan jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan membuang kuning telur, kecuali ahli gizi Anda secara khusus menyarankan Anda melakukannya. (Baca juga: Infeksi Demam Berdarah Dengue Kedua Bisa Berakibat Fatal).

Jadi, buang anggapan lama bahwa kuning telur berbahaya bagi kesehatan dan jangan dikonsumsi jika Anda mencoba menurunkan berat badan. Alih-alih yang dapat Anda lakukan adalah melakukan diet yang terencana. Nah, alih-alih mengkonsumsi terlalu banyak putih telur, masukkan 1-2 telur utuh dalam diet Anda.

Saat Anda mengikuti diet rendah karbohidrat, pilihlah telur utuh daripada putih telur saja. Telur utuh mengandung kalori rendah dan lemak makanan yang terkandung dalam telur utuh memperlambat penyerapan protein dengan cepat dan membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Telur utuh juga kaya akan asam amino yang mendukung pembentukan tubuh.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak