Mengenang Ikon Fashion Karl Lagerfeld

Selasa, 19 Februari 2019 - 20:46 WIB
Mengenang Ikon Fashion Karl Lagerfeld
Mengenang Ikon Fashion Karl Lagerfeld
A A A
JAKARTA - Karl Lagerfeld menjadi salah satu ikon fashion dunia. Pria kelahiran Jerman "Kaiser" ini dikenal karena tampilan khasnya, mulai kacamata hitam, kerah tinggi dan kuncir putih.

Lagerfeld lahir dari keluarga kaya di Hamburg pada 1933 dan telah jatuh cinta dengan dunia fashion ketika dia menemani ibunya ke sebuah pertunjukan Dior pada 1949.

Pada 1954 dia memenangkan hadiah pertama dalam kategori jas dalam kompetisi yang dijalankan oleh Sekretariat Wol Internasional. Penghargaan gaun terbaik dalam kontes yang sama diberikan kepada remaja Yves Saint-Laurent yang memicu persaingan seumur hidup.

Selama enam dekade berikutnya dia bekerja untuk banyak rumah desain paling bergengsi di dunia, termasuk Chloe dan Fendi dan juga merancang rentang untuk H&M serta mendirikan merek sendiri. Saat berusia 14 tahun, dia pindah ke Paris untuk belajar sejarah dan menggambar. Dia menyelesaikan sekolahnya di Lycee Montaigne.

“Ayah saya …. Dia tidak pernah bisa berkata tidak, jadi saya mendapatkan apa pun yang sama mau. Saya punya Bentley saat berusia 20,” ujar Karl beberapa waktu lalu seperti dikutip The Hollywood Reporter.

Majalah Vogue menyebut Karl sebagai master penemu ulang dan French Renaissance Man. Dia terus membuat ulang jaket tweed, tas quilt dan mutiara yang dipopulerkan Coco Chanel. “Karl Lagerfeld hampir bersinonim dengan Chanel sebagai Coco Chanel,” tulis WWD.

Pada 2017, dia dianugerahi penghargaan tertinggi Paris, La Medaille Grand Vermeil de la Ville. Selain itu, pada 2015, dia mendapatkan Outstanding Achievement Award di British Fashion Awards dan Couture Council Fashion Visionary Award pada 2010.

“Saya mendesain seperti saya bernapas. Kalian tidak meminta untuk bernapas—itu terjadi begitu saja,” kata Karl. (Baca juga: Desainer Kondang Karl Lagerfeld Meninggal Dunia di Prancis ).

Selama lebih dari 30 tahun kariernya di Chanel, Karl telah berkolaborasi dengan sejumlah bintang Hollywood. Dia mendesain kostum konser untuk Madonna, memfoto dan mewawancarai Justin Bieber, menciptakan kampanye tas tangan bersama Kristen Stewart dan Pharell Williams dan menampilkan ambassador parfum Chanel No 5 Lily Rose-Depp di runway. Pujaannya di Hollywood, Keira Knightley, bergabung bersama Chanel sebagai model Coco Mademoiselle pada 2006.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7911 seconds (0.1#10.140)