4 Obat Asam Lambung yang Bagus di Apotek, Bisa Dibeli Tanpa Resep Dokter

Jum'at, 24 Mei 2024 - 09:30 WIB
loading...
4 Obat Asam Lambung yang Bagus di Apotek, Bisa Dibeli Tanpa Resep Dokter
Obat asam lambung yang bagus di apotek sangat beragam. Obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter dengan menyesuaikan kondisi kesehatan masing-masing. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Obat asam lambung yang bagus di apotek sangat beragam. Obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter dengan menyesuaikan kondisi kesehatan masing-masing.

Sebelum membeli dan menggunakan obat asam lambung apapun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker. Mereka dapat memberikan rekomendasi obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda dan memberikan petunjuk penggunaan yang tepat.

Selain itu, pastikan untuk membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat. Asam lambung naik terjadi ketika asam lambung kembali naik ke kerongkongan dari lambung dan dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada yang atau rasa terbakar pada tenggorokan.

Obat Asam Lambung yang Bagus di Apotek



Berikut adalah beberapa jenis obat asam lambung yang bagus di apotek dilansir dari Web MD, Jumat (24/5/2024).



1. Antasida


Antasida bertujuan untuk mengurangi asam lambung dengan menetralkan kelebihan asam dalam lambung. Contoh antasida yang umum adalah magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan kalsium karbonat.

2. H2 Blocker (Blocker Reseptor H2)


Obat jenis ini membantu mengurangi produksi asam lambung dengan menghambat aksi histamin pada sel-sel lambung. Beberapa contoh H2 blocker adalah ranitidin, famotidin, dan cimetidin.

3. Inhibitor Pompa Proton (PPI)


Obat ini bekerja dengan menghambat pompa proton dalam sel-sel lambung, sehingga mengurangi produksi asam lambung secara efektif. Beberapa contoh PPI adalah omeprazol, lansoprazol, dan pantoprazol.

4. Antasida-Alginat


Obat ini mengandung antasida untuk menetralkan asam lambung dan alginat untuk membentuk lapisan pelindung di atas isi lambung. Hal ini membantu mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Contoh antasida-alginat adalah Gaviscon.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4860 seconds (0.1#10.140)
pixels