4 Perbedaan Nanas Muda dan Tua, Ketahui Supaya Tak Salah Beli

Selasa, 28 Mei 2024 - 09:39 WIB
loading...
4 Perbedaan Nanas Muda dan Tua, Ketahui Supaya Tak Salah Beli
Perbedaan nanas muda dan nanas tua perlu Anda ketahui supaya tidak salah beli. Sebab, tingkat kematangan nanas ini bisa dideteksi dengan beberapa cara. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Perbedaan nanas muda dan nanas tua perlu Anda ketahui supaya tidak salah beli. Sebab, tingkat kematangan nanas ini bisa dideteksi dengan beberapa cara.

Perbedaan paling umum antara nanas muda dan nanas tua ini terletak pada rasa, di mana rasa nanas muda akan lebih hambar, sementara nanas tua memiliki rasa yang lebih manis.

Namun, untuk mengetahui perbedaan nanas muda dan tua ini tidak harus dengan mencicipi rasanya kok. Terdapat beberapa cara lain untuk membedakan antara buah nanas muda dan nanas tua, seperti melihat warna atau merasakan teksturnya.


Perbedaan Nanas Muda dan Nanas Tua

1. Warna

Biasanya nanas muda akan memiliki warna daun hijau cerah dengan kulit buah berwarna kuning kehijauan. Warna tersebut menandakan nanas sudah matang dan tidak terlalu mentah.

Sementara itu nanas tua umumnya memiliki warna daun cenderung lebih gelap dan warna kulit buah yang lebih oranye.

2. Tekstur

Selain warna, nanas muda dan tua juga bisa dibedakan dari tekstur yang dimiliki. Di mana nanas muda akan cenderung lebih keras ketika ditekan. Sedangkan nanas tua memiliki tekstur yang lebih empuk dan terasa sedikit lembut jika diremas.


3. Aroma

Nanas yang sudah tua biasanya memiliki aroma manis jika dicium di dekat pangkal buahnya. Aroma ini akan berubah menjadi menyengat dan terfermentasi ketika buah nanas sudah terlalu matang. Namun, jika nanas muda kemungkinan besar akan tidak berbau ketika dicium.

4. Berat

Cara membedakan antara nanas muda dan tua adalah dengan memeriksa beratnya. Biasanya nanas muda memiliki berat yang lebih ringan ketimbang nanas yang sudah tua. Hal ini disebabkan karena nanas yang tua cenderung lebih berair ketimbang nanas muda.

Itulah beberapa perbedaan antara nanas muda dan nanas tua. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nanas muda umumnya memiliki aroma yang kurang tajam, warna yang lebih pudar, dan berat yang lebih ringan ketimbang nanas tua.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2275 seconds (0.1#10.140)
pixels