Ini Pentingnya Perhatian Khusus Orang Tua terhadap Tumbuh Kembang Anak

Selasa, 12 Maret 2019 - 05:29 WIB
Ini Pentingnya Perhatian Khusus Orang Tua terhadap Tumbuh Kembang Anak
Ini Pentingnya Perhatian Khusus Orang Tua terhadap Tumbuh Kembang Anak
A A A
SURABAYA - Orang tua memiliki peranan yang sangat penting terhadap buah hatinya. Bukan hanya setelah lahir, tumbuh kembang anak sudah harus menjadi perhatian khusus orang tua sejak sang anak masih dalam kandungan.

Hal tersebut dilakukan demi masa depan anak itu sendiri, karena tanpa perhatian khusus dikawatirkan anak tumbuh dengan ketidaksempurnaan. Dokter Spesialis Anak sekaligus Konsultan Tumbuh Kembang, dr. Ahmad Suryawan mengatakan, antara tumbuh dan kembang anak tidak bisa dipisahkan.

Kedua hal itu berjalan beriringan hingga anak berusia 18 tahun ke atas. Menurutnya, pengertian dasar tumbuh yakni meliputi struktur dan ukuran fisik anak. "Orangtua harus memantau perkembangan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, ukuran fisik dan lainnya," ucapnya saat menjadi pembicara dalam sebuah program di BG Junction Surabaya, Senin (11/3).

Sementara kembang yaitu fungsi dan kemampuan yang meliputi penglihatan, pendengaran, motorik kasar, motorik halus, bicara bahasa, personal sosial, kecerdasan, perilaku serta perkembangan spesifik lainnya. "Sejak dalam kandungan anak harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Hati-hati dengan pertumbuhan anak karena itu menentukan masa depannya," terang Ahmad.

Menurutnya, pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang juga harus disertai dengan stimulasi berupa aktivitas fisik yang sesuai dan terus dilakukan hingga umur 5 tahun untuk mendukung si kecil tumbuh sesuai, cepat tangkap dan aktif bergerak.

"Usia ini menjadi kunci utama untuk memaksimalkan fungsi otak. Apabila nutrisi tersebut terpenuhi dengan baik hingga batas usia 6 tahun maka otak akan menghasilkan hormon dengan baik untuk kepentingan fungsi fisik dan reproduksinya nanti," ungkapnya.

Selain kebutuhan nutrisi, anak juga perlu mendapatkan stimulasi eksternal dari orang tua untuk mengasah kemampuan motorik melalui gerak-gerak yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Brand Manager & Nutritionist Frisian Flag Indonesia, Yeni Novianti menambahkan, investasi nutrisi sangat penting untuk mendukung pertumbuhan anak mulai dari masa kehamilan yang diteruskan hingga bayi.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7003 seconds (0.1#10.140)