Mangkunegaran Jazz Festival Diharapkan Bisa Dongkrak Pariwisata

Jum'at, 15 Maret 2019 - 05:05 WIB
Mangkunegaran Jazz Festival Diharapkan Bisa Dongkrak Pariwisata
Mangkunegaran Jazz Festival Diharapkan Bisa Dongkrak Pariwisata
A A A
SOLO - Mangkunegaran Jazz Festival 2019 kembali hadir di Kota Solo pada 29-30 Maret mendatang. Sejumlah musisi nasional dan luar negeri rencananya akan tampil dalam perhelatan yang digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo tersebut.

Penyanyi asal Inggris yang sudah menelurkan dua buah album, Lianne La Havas akan menjadi salah satu penampil dari mancanegara. Sementara musisi atau band dalam negeri yang akan unjuk gigi, di antaranya d'Masiv, Ardhito Pramono, Eva Celia dan Jordy Waelauruw feat Tommy Pratamono.

"Mangkunegaran Jazz Festival merupakan persembahan Puro Mangkunegaran untuk masyarakat Solo dan sekitarnya," ucap Founder Mangkunegaran Jazz Festival 2019, GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo di Solo, Kamis (14/3).

Sebelumnya, praevent "Road to Mangkunegaran Jazz Festival" sukses digelar pada November lalu, dan mampu menyedot sebanyak 15.000 penonton. Bhre Cakrahutama pun berharap Mangkunegaran Jazz Festival ke depannya dapat menjadi event nasional.

Perhelatan ini akan menjunjung akulturasi budaya antara modern dan tradisional, sehingga tetap tunduk pada akar kebudayaan namun disajikan dengan menarik anak-anak muda.

"Event ini sekaligus memperkenalkan Pura Mangkunegaran dan Kota Solo secara lebih luas. Eksistensi Pura Mangkunegaran dan Kota Solo akan diangkat melalui acara ini," tandasnya.

Selain mengangkat musik, acara ini juga memperhatikan aspek lain, yakni ekonomi dan kebudayaan. Dari sisi ekonomi, Mangkunegaran Jazz Festival menggandeng pelaku usaha lokal. Sedangkan dalam hal kebudayaan, kontennnya nanti terdapat Festival Kain Nusantara, dan penampilan khas Pura Mangkunegaran berupa tarian. Lewat tiga aspek tersebut, pariwisata Solo diharapkan lebih terdongkrak dan acara menjadi kegiatan tahunan.

Sementara itu, Co-Founder Mangkunegaran Jazz Festival, GRAj Ancila Sura Marina Sudjiwo mengemukakan, tarian akan disuguhkan oleh sanggar tari Kinarya Soeryo Sumirat, yang merupakan grup tari kontemporer perpaduan heritage dan modern. "Tampilan khas Mangkunegaran dalam bentuk tradisional juga akan ditampilkan," tutup Ancila Sura.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4942 seconds (0.1#10.140)