7 Ciri-ciri Wanita Sedang dalam Masa Subur, Salah Satunya Payudara Jadi Sensitif

Rabu, 12 Juni 2024 - 18:30 WIB
loading...
A A A

4. Peningkatan Libido


Banyak wanita melaporkan peningkatan libido atau dorongan seksual selama masa subur. Ini adalah respons alami tubuh untuk meningkatkan peluang reproduksi. Meningkatnya hormon estrogen selama ovulasi dapat mempengaruhi dorongan seksual, menjadikan periode ini waktu yang ideal untuk pembuahan.

5. Perubahan pada Payudara


Selama masa subur, beberapa wanita mengalami perubahan pada payudara, seperti rasa penuh atau sensitif. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen dan progesteron. Meskipun perubahan ini bisa juga terjadi sebelum menstruasi, mengidentifikasinya dalam konteks siklus menstruasi dapat membantu mengenali masa subur.

6. Perubahan pada Serviks


Posisi dan tekstur serviks berubah selama siklus menstruasi. Pada masa subur, serviks menjadi lebih lembut, lebih tinggi, lebih terbuka, dan lebih basah. Memeriksa perubahan ini dapat membantu wanita mengetahui kapan mereka sedang dalam masa subur. Pemeriksaan ini memerlukan sedikit latihan dan pengetahuan tentang anatomi pribadi.



7. Perubahan dalam Indera Penciuman dan Rasa


Beberapa wanita melaporkan peningkatan kepekaan terhadap bau dan rasa selama masa subur. Perubahan hormonal dapat mempengaruhi indera penciuman, membuat wanita lebih peka terhadap bau tertentu. Perubahan ini bisa menjadi tanda tidak langsung dari ovulasi.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)