5 Daerah Penghasil Kambing Terbanyak di Indonesia, Jawa Timur Posisi Pertama

Senin, 17 Juni 2024 - 17:57 WIB
loading...
A A A


3. Nusa Tenggara Barat


Nusa Tenggara Barat (NTB), terutama Pulau Lombok dan Sumbawa, merupakan daerah dengan populasi kambing yang cukup besar. Kambing kacang dan kambing saburai adalah jenis yang banyak dipelihara oleh masyarakat NTB.

Adapun faktor pendukungnya meliputi luasnya area padang rumput yang menyediakan pakan alami berkualitas bagi kambing. Permintaan tinggi dari sektor pariwisata yang membutuhkan pasokan daging kambing untuk kuliner khas daerah, serta program intensifikasi peternakan yang didukung oleh pemerintah daerah juga memengaruhi.

4. Sulawesi Selatan


Sulawesi Selatan, dengan kabupaten seperti Bone, Sinjai, dan Soppeng, merupakan daerah yang memiliki populasi kambing cukup signifikan. Kambing di daerah ini sering digunakan untuk keperluan adat dan upacara tradisional Bugis dan Makassar.

Iklim yang mendukung pertumbuhan pakan ternak sepanjang tahun, serta budaya beternak yang sudah turun-temurun di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan menjadi faktor pendukung. Selain itu, infrastruktur jalan dan pasar yang baik memudahkan distribusi kambing ke daerah lain.



5. Aceh


Aceh, khususnya wilayah Aceh Besar dan Pidie, dikenal sebagai salah satu penghasil kambing terbesar di Sumatera. Kambing di daerah ini dipelihara secara tradisional oleh masyarakat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan peternak.

Faktor pendukung yang meliputi di antaranya adalah banyaknya lahan subur yang cocok untuk peternakan kambing. Dukungan dari pemerintah daerah dalam bentuk program pemberdayaan peternak serta tingginya permintaan daging kambing untuk acara-acara adat dan keagamaan.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2962 seconds (0.1#10.140)
pixels