Avengers: Endgame Sukses Bius Ribuan Pencinta Film Dunia

Rabu, 24 April 2019 - 06:36 WIB
Avengers: Endgame Sukses Bius Ribuan Pencinta Film Dunia
Avengers: Endgame Sukses Bius Ribuan Pencinta Film Dunia
A A A
LOS ANGELES - Tuntas sudah penantian para penggemar superheroes di seluruh penjuru dunia. Film yang dinanti-nanti tahun ini, Avengers: Endgame akhirnya tayang juga di layar bioskop. Sebelum hari ini ditayangkan di seluruh dunia, Avengers: Endgame terlebih dahulu hadir perdana di Los Angeles Convention Center, California, Amerika Serikat (AS), Senin (22/4) malam.

Ribuan orang berbondong-bondong dan menjadi yang pertama menonton film tersebut. Di Indonesia, penggemar Captain America, Thor, Ironman, Doctor Strange, Hulk dkk juga tak kalah antusias. Demi menampung rasa cinta penggemar aksi pahlawan terbaik Bumi itu, salah satu bioskop di Tanah Air; Cinemaxx, memutar film tersebut selama 24 jam nonstop hari ini dan dan besok.

Gilanya, film pertama tayang mulai pukul 05.00 WIB. “Avengers: Endgame tayang mulai pukul 5 pagi hingga pukul 5 pagi lagi di 12 lokasi Cinemaxx,” tulis akun resmi Cinemaxx. Segelintir orang beruntung bisa menyaksikan film fenomenal ini tadi malam. Di Jakarta, tadi malam dihelat Gala Premiere Avengers: Endgame di XXI Kelapa Gading.

Salah satu penonton, Eko Satrio Wibowo, melihat antusiasme masyarakat yang luar biasa tinggi terhadap film ini merupakan hal yang positif. "Tentunya bagus buat industri dari sisi pertumbuhan jumlah penonton yang hadir ke bioskop. Avengers punya daya tarik dan jumlah fans-nya di Indonesia besar,” ungkapnya.

Pada penayangan perdana di AS, pencinta film, kritikus, dan jurnalis juga mulai membanjiri media sosial dengan reaksi dan testimoni. Sejauh ini, mayoritas reaksi masyarakat sangat positif. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa film yang digarap produser Kevin Feige itu sarat emosi. Warga setempat, Brandon Davis, juga mengaku melinangkan air mata.

“Avengers: Endgame merupakan film yang sangat bagus. Di satu bagian, saya tertawa begitu keras dan bertepuk tangan, tapi di bagian yang lain saya menangis begitu keras. Saya tidak pernah melihat film (superhero) sebagus ini. Film ini sesuai dengan harapan saya sejak dulu,” kicau Davis di Twitter, dikutip Vanity Fair.

Pemimpin Redaksi Rotten Tomatoes, Joel Meares, menjamin para penggemar film Marvel Cinematic Universe (MCU) tidak akan kecewa dengan Avengers: Endgame. Managing Editor Fandango, Erik Davis, juga mengatakan Avengers: Endgame merupakan puncak dari 22 film MCU dengan alur cerita yang lebih kompleks.

Davis menilai plot dan akhir cerita Avengers: Endgame bagus. Peter Sciretta dari Slash Film menyebut bahwa film tersebut merupakan film paling emosional dan epik yang pernah dirilis MCU. Senada dengan Sciretta, Kristian Harloff dari Movie Trivia Shmoedown juga memuji film berdurasi tiga jam itu setinggi langit.

“Avengers: Endgame merupakan hasil yang bagus dalam menandai perjalanannya selama 11 tahun terakhir. Saya dibuatnya tertawa, terkesima, dan menangis. Selamat kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembuatan film itu,” tulis Harloff. Reporter senior The Wrap, Beatric Verhoeven, juga mengaku menangis.

Matt Donnelly dari Variety Fair memuji film tersebut. Dia mengatakan Marvel dan Disney patut bangga dengan hasil kerja keras mereka. Dia merupakan satu dari ribuan orang yang diundang menyaksikan Avengers: Endgame. Film itu kemudian ditonton jurnalis, kemarin, sebelum ditayangkan kepada publik hari ini.

Avengers: Endgame adalah salah satu film yang paling banyak ditunggu. Film yang akan mulai dirilis di AS pada 24 April di IMAX dan 3D itu menjadi film paling banyak dinanti kedua pada 2019 versi IMDB, film superhero paling banyak dinanti versi Atom Ticket, dan blockbuster paling diantisipasi versi layanan tiket Fandango.

Media AS BoxOffice memperkirakan Avengers: Endgame bakal meraup pendapatan sekitar USD250-290 juta pada pekan awal pembukaan, sedangkan Bloomberg memperkirakan rekor USD282 juta. Scott Mendelson, kontributor Forbes menyatakan Avengers: Endgame akan bersaing keras dengan Star Wars: Episode IX.

“Kedua film tersebut akan menjadi dua blockbuster yang akan meraih pendapatan tertinggi,” kata Scott. Alasannya, Avengers: Endgame dan Star Wars: Episode IX akan mengikuti kesuksesan sebelumnya, yakni Avengers: Infinity War dan Star Wars: The Last Jedi. Namun, dia memprediksi Avengers akan lebih unggul di luar AS.

Avengers: Infinity War memperoleh pendapatan sekitar USD2 miliar, sedangkan Star Wars: The Last Jedi USD1,3 miliar. Meski demikian, kata Scott, Avengers: Endgame dinilai akan sulit mengalahkan rekor pendapatan Avatar yang berselisih selisih USD100 juta dengan Avengers: Infinity War di AS dan USD700 juta di dunia.

“Saya tidak yakin Avengers: Endgame akan mengalahkan Avatar,” kata Scott. Senada dengan Scott, Paul Dergarabedian dari Comscore juga mengatakan rekor Avatar sangat epik. Namun, Avengers: Endgame memiliki peluang besar meraih kesuksesan karena tanggal perilisan film Bond 25 dan Wonder Woman 1984 ditunda.

Avengers: Infinity War memiliki performa bagus pada pekan awal pembukaan. Film dengan anggaran produksi sekitar USD319–400 juta itu memperoleh pendapatan USD640,5 juta. Paul juga yakin Avengers: Endgame akan ramai ditonton di seluruh dunia saat dirilis April mendatang dan mencatat rekor bagus.

Salah satu petinggi Fandango, Erik Davis, memprediksi di AS saja Avengers: Endgame akan menghasilkan pendapatan USD1,3–1,5 miliar. Sampai kemarin, trailer Avengers: Endgame ditonton 79 juta kali. Trailer itu juga banyak didiskusikan di media sosial, sedikitnya mendapatkan 600.000 mention di Twitter pada hari pertama.

BoxOffice mengungkapkan sekitar 77-78% yang menonton trailer Avengers: Endgame dalam tiga pekan terakhir tertarik untuk menontonnya. Trailer kedua yang dirilis pada 14 Maret 2019 dan dilengkapi poster 13 hero itu juga mendapatkan respons positif. Pada 24 jam pertama, video itu ditonton jutaan viewer.

Kesuksesan Avengers: Endgame bakal menjadi penghormatan terbaik kepada Stan Lee (1922-2018) yang meninggal di Los Angeles, November tahun lalu. Lee adalah pencipta karakter superhero Marvel, di antaranya Captain America, Spiderman, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-men.

Di Jakarta tadi malam dihelat gala premiere untuk film Avengers: Endgame di XXI Kelapa Gading. Salah seorang penonton, Eko Satrio Wibowo, melihat antusiasme masyarakat terhadap film ini sebagai hal positif. "Tentu bagus buat industri dari sisi pertumbuhan jumlah penonton yang hadir ke bioskop. Avengers punya daya tarik dan jumlah fans-nya di Indonesia besar,” ungkapnya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8673 seconds (0.1#10.140)