Tips Mengolah Ayam Goreng Bacem Agar Nikmat Disantap Berbuka dan Sahur

Kamis, 09 Mei 2019 - 17:29 WIB
Tips Mengolah Ayam Goreng Bacem Agar Nikmat Disantap Berbuka dan Sahur
Tips Mengolah Ayam Goreng Bacem Agar Nikmat Disantap Berbuka dan Sahur
A A A
JAKARTA - Selain tahu dan tempe, ayam juga nikmat diolah menjadi bacem. Rasa manis dari gula merah dan rempah-rempah berpadu dengan lembutnya daging ayam menghasilkan rasa yang sempurna. Makanan ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menu berbuka, termasuk sahur.

Jika untuk berbuka puasa, Anda bisa membuatnya sehabis sahur dan menggorengnya saat berbuka. Demikian sebaliknya, jika menu ini untuk sahur, olahan ini bisa dibuat sehabis berbuka puasa dan menggorengnya saat sahur.

Sebagai pelengkap, Ayam Goreng Bacam ini disantap bersamaan dengan sambal bajak dan lalapan. Berikut resep membuat Ayam Goreng Bacem untuk seperti dikutip akun Instagram @masaktv. (Baca juga: 4 Tempat Nikmati Mi Bangka di Jakarta yang Halal untuk Buka Puasa ).

Bahan-bahan:

8 potong ayam
1 ltr air kelapa
70 g gula merah
1 sdm gula pasir
1 sdm asam jawa, larutkan dengan 100 ml air panas
2 ruas lengkuas
5 lbr daun salam
5 sdm kecap manis
1 genggam kulit bawang merah
Garam
Minyak goreng

Bahan bumbu halus:

1 1/2 sdt ketumbar
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat:

Siapkan bumbu yang sudah dihaluskan. Siapkan panci, masukkan air kelapa. Tambahkan gula merah iris, gula pasir, larutan air asam jawa, kecap manis, kulit bawang merah dan garam. Aduk rata.

Masukkan ayam. Masak dengan api kecil hingga air mengering. Setelah air habis, angkat ayam. Tiriskan. Goreng dengan minyak banyak hingga permukaannya kering dan warnanya cokelat keemasan. Angkat. Ayam goreng bacem siap dihidangkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6839 seconds (0.1#10.140)