6 Rempah dan Herba yang Bikin Makanan Terasa Makin Nikmat

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 08:01 WIB
loading...
6 Rempah dan Herba yang Bikin Makanan Terasa Makin Nikmat
Jangan puas dengan kombinasi garam, merica, dan minyak zaitun yang sama. / Foto: ilustrasi/Almanac
A A A
JAKARTA - Kunci untuk makan lebih banyak buah dan sayuran adalah menemukan cara berbeda untuk memakannya. Seringkali, ini diartikan di luar kebiasaan dan bereksperimen dengan rasa baru. Padahal Anda cukup menambahkan herba, rempah-rempah dan bumbu lainnya.

(Baca juga: Perkedel Kepiting, Lauk Makan Siang yang Bisa untuk Cemilan Anak )

"Menambahkan herba, rempah-rempah, dan bumbu lainnya ke sayuran dan buah-buahan adalah salah satu cara paling sederhana namun paling kreatif untuk meningkatkan asupan Anda," kata Jackie Newgent, RDN, ahli gizi kuliner dan penulis The Clean & Simple Diabetes Cookbook.

"Seringkali, sejumput saja dapat menambahkan rasa yang Anda butuhkan untuk memberikan hal baru," sambungnya.

Jangan puas dengan kombinasi garam, merica, dan minyak zaitun yang sama. Meski ini terasa enak, namun bisa sangat membosankan. Gunakan bumbu-bumbu baru agar makanan terasa semakin nikmat. Berikut ulasannya seperti dilansir Live Strong, Jumat (21/8).

1. Tajin

Bagi banyak orang, tajin bukanlah hal baru. Tajin adalah campuran bumbu yang terbuat dari cabai merah, jeruk nipis, dan garam laut.

"Trio pedas-tajam-asin dapat memberikan rasa wow untuk apel, mangga, nanas, semangka, jagung, wortel, mentimun, dan bengkuang. Anda cukup menaburkannya ke irisan semangka yang berair, jagung bakar di atas tongkol atau wortel panggang oven. Cabai mengandung capsaicin, yang memberikan rasa pedas yang terkenal serta potensi sifat anti-kanker," saran Newgent.

2. Mint

Daun mint segar adalah senjata rahasia untuk buah dan sayuran. "Mint enak jika dipadukan dengan sayuran dan buah-buahan, terutama bit, wortel, kacang polong, ketimun, terong, kentang, tomat, labu kuning dan semua jenis beri dan melon," ungkap Newgent.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)