alexametrics

Trik Mengatur Diet Selama Puasa

loading...
Trik Mengatur Diet Selama Puasa
Mengatur diet selama puasa memang tidak mudah karena kebanyakan orang mengalami kenaikan berat badan selama puasa Ramadhan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Puasa Ramadhan dapat menjadi momen untuk memulai gaya hidup sehat, detoksifikasi hingga menurunkan berat badan. Sayang, yang terjadi justru sebaliknya. Pada sebagian orang, puasa justru menyebabkan kenaikan berat badan sehingga tidak sehat.

Hal ini disebabkan pola makan berlebih saat berbuka. Sejumlah orang memanfatkan buka puasa menjadi momen balas dendam dan mengkonsumsi berbagai makanan serta minuman dalam jumlah banyak setelah menahan rasa lapar dan haus seharian. Kondisi ini diperparah dengan kurangnya aktivitas fisik.
Agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa, Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia cabang DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya, @pdgki.jaya memberikan tips pengaturan diet selama berpuasa. Berikut ulasannya.

1. Tidak melewatkan waktu makan, baik sewaktu sahur maupun berbuka puasa. (Baca juga: Konsentrat Rumput Laut Bermanfaat Melindungi Kulit).



2. Saat sahur, mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oatmeal, sereal berserat tinggi dan nasi merah yang dikonsumsi sedekat mungkin dengan subuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayuran, dan serta sumber protein.

3. Saat berbuka puasa, hindari makanan yang terlalu manis. Berbuka dengan sedikit makanan karbohidrat sederhana yang dapat diserap cepat seperti kurma atau buah potong serta agar-agar.

4. Makan malam dilakukan setelah sholat maghrib, sebelum tarawih. Terdiri atas sumber karbohidrat kompleks, protein, lemak yang baik, sayuran dan buah. (Baca juga: Renyah dan Gurihnya Ote-Ote untuk Takjil Berbuka Puasa).

5. Minum cukup air atau minuman bebas gula sebanyak 1,5 - 2 liter di antara waktu berbuka dan sahur untuk menghindari dehidrasi.

6. Aktivitas fisik tetap dilakukan setelah berbuka puasa minimal 30-45 menit.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak