alexametrics

5 Alasan Kulit Terlihat Kusam, Bagaimana Mengatasinya?

loading...
5 Alasan Kulit Terlihat Kusam, Bagaimana Mengatasinya?
Kulit kusam menjadi masalah yang kerap dihadapi wanita. Sayang, banyak yang kesulitan mengatasinya. Padahal, ada cara mudahnya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Apakah Anda kerap mengamati foto lama Anda dan sering merasa bahwa kulit Anda terlihat lebih kusam daripada sebelumnya? Kulit kusam memang menjadi salah satu masalah kecantikan paling umum yang dihadapi banyak wanita.

Wajah dapat banyak mencerminkan apa yang terjadi dengan tubuh Anda. Untuk memberi Anda wawasan tentang masalah kulit kusam, seperti dikutip Times Of India, ada lima alasan utama kulit terlihat kusam dan bagaimana Anda bisa mendapatkan kulit bercahaya itu kembali.

1. Masalah: Sel kulit mati
Salah satu alasan utama kulit terlihat kusam adalah sel-sel kulit mati. Penumpukan kulit mati dapat membuat wajah terlihat keabu-abuan dan kusam selama bertahun-tahun.



Solusinya, Anda perlu mengelupas atau memperbaharui kulit Anda sekali atau dua kali seminggu. Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan scrub alami buatan sendiri. Saat menggosok, pastikan dilakukan malam hari dan tidak di pagi hari untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Dehidrasi
Alasan lain mengapa kulit terlihat kusam adalah dehidrasi. Ketika kulit mengalami dehidrasi dari dalam, itu bisa terlihat pucat.
Nah, solusinya dengan minum banyak air. Ini menjadi kunci untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Nikmati juga pelembab wajah setiap pagi dan malam hari. Jika Anda masih merasa kulit mengalami dehidrasi, nikmati minyak wajah dan serum sebelum menggunakan pelembab.

3. Matahari
Kerusakan terburuk yang dapat dihadapi kulit adalah akibat sinar matahari. Dari bintik hitam hingga hiperpigmentasi, kulit bisa kusam selama bertahun-tahun dengan paparan sinar matahari.Mengatasinya dengan menerapkan tabir surya setiap hari. Dengan kerusakan akibat sinar matahari, kolagen kulit menjadi melemah. Untuk meningkatkan kolagen kulit, Anda dapat mulai menggunakan produk yang diresapi retinol di bawah pengawasan dokter kulit.

4. Polusi
Polusi bisa bikin kulit dapat menjadi korban. Polusi dapat membuat radikal bebas di kulit yang merusak kolagen. Ini dapat membuat skintone tidak rata. (Baca juga: 4 Trik Agar Terlihat Lebih Kurus Dalam Waktu Singkat).Solusinya, setelah Anda tiba di rumah, Anda harus mencuci muka. Dengan cara ini Anda dapat menyingkirkan semua kotoran dan polutan yang telah bersentuhan dengan kulit. Para ahli menyarankan menggunakan sikat pembersih (dengan mencuci muka) juga dapat membantu menghilangkan partikel kecil polusi. Untuk produk perawatan kulit, Anda dapat berinvestasi dalam serum dan lotion dengan Vitamin C dan antioksidan.

5. Stres

Percaya atau tidak, stres dapat merusak kulit. Ketika hormon stres meningkat, darah mengalir ke organ vital dan bukan ke wajah. Ini bisa menjadi salah satu alasan utama kulit terlihat pucat.

Mengatasinya bisa dengan membersihkan dan melembabkan. Pijat kulit dengan lembut. Ini akan membantu merangsang aliran darah dan membuat kulit terlihat bercahaya.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak