8 Ciri-ciri Tubuh Kelebihan Kafein yang Harus Diwaspadai

Senin, 01 Juli 2024 - 11:00 WIB
loading...
A A A


5. Memburuknya Diabetes


Kafein dapat mempengaruhi kadar gula darah sehingga berpotensi mengganggu pengelolaan diabetes. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah dan insulin dalam jangka pendek, sehingga mempersulit pengendalian diabetes. Penderita diabetes disarankan untuk memantau asupan kafeinnya dengan cermat.

6. Eksaserbasi Gangguan Neurologis


Orang dengan kondisi neurologis seperti epilepsi atau penyakit parkinson mendapati bahwa kafein memperburuk gejalanya. Meskipun kafein tidak menyebabkan kondisi ini, kafein dapat memperburuk kejang pada epilepsi dan tremor pada penyakit parkinson, sehingga penanganannya menjadi lebih sulit.

7. Glaukoma dan Kesehatan Mata


Kafein dapat meningkatkan tekanan intraokular, berpotensi memperburuk glaukoma. Pasien dengan kondisi mata ini harus berhati-hati dalam mengonsumsi kafein agar tidak memperparah gejala dan risiko kerusakan mata lebih lanjut.

8. Masalah Kontrol Kandung Kemih


Kafein bertindak sebagai diuretik, meningkatkan produksi urine dan berpotensi menyebabkan masalah pengendalian kandung kemih, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan frekuensi dan urgensi buang air kecil, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2151 seconds (0.1#10.140)
pixels