5 Manfaat Minum Air Jahe Pagi Hari saat Perut Kosong

Selasa, 02 Juli 2024 - 12:25 WIB
loading...
5 Manfaat Minum Air Jahe Pagi Hari saat Perut Kosong
Ada beberapa manfaat minum air jahe pagi hari saat perut kosong yang sayang dilewatkan. Jahe merupakan akar yang umum ditemukan di dapur di seluruh dunia. Foto/Livestrong
A A A
JAKARTA - Ada beberapa manfaat minum air jahe pagi hari saat perut kosong yang sayang dilewatkan. Jahe merupakan akar yang umum ditemukan di dapur di seluruh dunia dan memiliki banyak kegunaan.

Air jahe sendiri sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai kondisi. Mulai dari menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, atau memperbaiki pencernaan.

Karena manfaatnya yang luar biasa dan mudah dibuat, banyak orang mencari air jahe dan mengandalkannya sebagai obat alami. Biasanya, minuman menyehatkan ini dikonsumsi pada pagi hari.

Berikut adalah lima manfaat utama mengonsumsi minum air jahe pagi hari saat perut kosong dilansir dari Times of India, Selasa (2/7/2024).

Manfaat Minum Air Jahe Pagi Hari saat Perut Kosong





1. Meningkatkan Sistem Pencernaan


Jahe telah lama dikenal karena manfaatnya untuk membantu pencernaan. Minum air jahe saat perut kosong membantu meningkatkan sistem pencernaan sepanjang hari.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology menyoroti bahwa jahe secara signifikan meningkatkan pengosongan lambung, yang berarti membantu makanan bergerak dari lambung ke usus halus lebih cepat. Hal ini dapat mencegah ketidaknyamanan dan kembung, membuat proses pencernaan lebih lancar dan lebih efisien.

Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaol, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan saluran pencernaan dan mengurangi gejala gangguan pencernaan dan mual. Dengan meningkatkan pencernaan yang sehat, air jahe membantu memastikan bahwa Anda menyerap nutrisi dari makanan Anda dengan lebih efektif.

2. Menurunkan Berat Badan


Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa jahe dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan termogenesis, yaitu proses tubuh membakar kalori untuk menghasilkan panas.

Minum air jahe saat perut kosong dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda, sehingga membantu upaya penurunan berat badan. Jahe juga membantu mengekang nafsu makan sehingga dapat mencegah makan berlebihan sepanjang hari.

Sebuah studi di Jurnal Metabolisme menemukan bahwa konsumsi jahe dapat mengurangi rasa lapar, sehingga lebih mudah untuk mengikuti pola makan yang sehat. Tindakan ganda yaitu meningkatkan metabolisme dan membatasi nafsu makan bisa sangat efektif dalam mendukung penurunan berat badan.



3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Memulai hari dengan air jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan. Jahe kaya akan antioksidan, yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine, antioksidan ini memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap penyakit kronis.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko infeksi dan mendukung kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Minum air jahe saat perut kosong membantu memaksimalkan penyerapan senyawa bermanfaat ini, memberikan sistem kekebalan tubuh awal terbaik setiap hari.

4. Kurangi Peradangan dan Nyeri


Peradangan kronis adalah faktor umum yang mendasari banyak penyakit, termasuk radang sendi dan penyakit kardiovaskular. Senyawa aktif dalam jahe, seperti gingerol dan shogaol, memiliki efek antiinflamasi yang kuat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Pain melaporkan bahwa jahe dapat secara signifikan mengurangi nyeri dan nyeri otot. Sehingga menjadikannya obat alami yang sangat baik untuk kondisi peradangan.



5. Menyehatkan Kulit


Kulit merupakan cerminan kesehatan secara keseluruhan, dan air jahe dapat membantu membuat kulit tampak berseri. Antioksidan dalam jahe membantu melawan radikal bebas, yang bertanggung jawab atas penuaan dan kerusakan kulit.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Dermatological Science, antioksidan ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan meningkatkan elastisitas kulit. Khasiat antiradang jahe dapat membantu mengurangi jerawat dan iritasi kulit lainnya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)
pixels