5 Candi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Borobudur

Rabu, 03 Juli 2024 - 17:30 WIB
loading...
5 Candi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Borobudur
Ada beberapa candi terbesar di dunia yang patut Anda ketahui. Candi belakangan menjadi salah satu destinasi wisata, di mana jutaan pelancong kerap mendatangi situs bersejarah ini guna mengagumi perabadan di masa lampau. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ada beberapa candi terbesar di dunia yang patut Anda ketahui. Candi belakangan menjadi salah satu destinasi wisata, di mana jutaan pelancong kerap mendatangi situs bersejarah ini guna mengagumi perabadan di masa lampau.

Candi sejatinya merupakan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu dan Buddha. Bangunan ini di zaman dulu didirikan sebagai bentuk persembahan buat dewa dan dewi Hindu, ataupun penghormatan terhadap sang Buddha.

Namun kini, candi merupakan situs yang selalu mengundang wisatawan untuk datang berkunjung. Tak sedikit yang mengunjungi candi demi menyaksikan langsung sisa keagungan masa lampau, seperti yang dapat ditemui pada Candi Borobudur yang ada di Indonesia.



Borodubur sendiri merupakan candi terbesar di Tanah Air. Di mancanegara pun bangunan candi dapat ditemui, bahkan menjadi kompleks yang begitu luas dan besar. Berikut adalah beberapa candi terbesar di dunia yang bisa Anda ketahui.

Candi Terbesar di Dunia

1. Angkor Wat

5 Candi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Borobudur

iStock

Candi terbesar di dunia yang pertama adalah Angkor Wat. Candi ini berada di Krong Siem Reap, Kamboja. Luas situs candi ini sekitar 162,6 hektar yang pada awalnya didedikasikan untuk dewa Hindu yaitu Siwa, Brahma, dan Wisnu. Namun, fungsi Angkor War dialihfungsikan menjadi candi atau bangunan keagamaan Budha menjelang akhir abad ke-12. Angkor Wat telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1992.

2. Karnak

5 Candi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Borobudur

iStock

Candi terbesar di dunia selanjutnya yakni Karnak yang berlokasi di Mesir. Candi ini dibangun untuk didedikasikan kepada Dewa Amon-Ra, dewa utama di masa Mesir Kuno. Karnak terdiri atas candi-candi lain di sekitarnya. Kompleks candi ini mencakup area seluas 200 hektar. Karnak ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1979. Meski bangunannya sudah rusak, Karnak tetap menjadi kompleks candi terbesar di dunia.

3. Borobudur

5 Candi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Borobudur

iStock

Borobudur yang merupakan candi termegah di Indonesia, juga termasuk yang terbesar di dunia. Luas dasar candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, ini mencapai 123X123 meter dengan tinggi 42 meter.

Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini dibangun selama 75 tahun pada abad ke-8 atau 9 oleh Kerajaan Sailendra. Borobudur memiliki luas sekitar 0,25 hektar. Candi ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1991.


4. Akshardham

5 Candi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Borobudur

iStock

Candi terbesar di dunia selanjutnya ada di New Delhi, India, bernama Akshardam. Kompleks candi ini memiliki luas sekitar 8,03 hektar dan dibangun menggunakan batu pasir merah serta marmer putih tanpa menggunakan bahan pengikat seperti semen.

Candi yang berfungsi sebagai kuil ini termasuk bangunan baru, mulai dibangun pada 2000 dan selesai lima tahun kemudian. Di candi Akshardam terdapat berbagai barang berlanggam Hindu tradisional dan sangat langka.

5. Sri Ranganathaswamy

5 Candi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Borobudur

iStock

Candi ini juga terletak di India, tepatnya di Srirangam. Sri Ranganathaswamy merupakan candi yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu. Kompleks candi yang difungsikan sebagai kuil ini memiliki luasan sekitar 63,09 hektar. Candi Sri Ranganathaswamy diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dengan nama Kuil Besar di Tamil Nadu Selatan sejak 1987.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)
pixels