alexametrics

70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Amerika Serikat

US-Indonesia Culinary Celebration Hadirkan Perpaduan Menu Spesial

loading...
US-Indonesia Culinary Celebration Hadirkan Perpaduan Menu Spesial
US-Indonesia Culinary Celebration yang digelar di Sofia at The Gunawarman, 19-30 Juni 2019, menawarkan perpaduan menu Indonesia dan Amerika Serikat. (Dok. Kedutaan Besar Amerika Serikat)
A+ A-
JAKARTA - Merayakan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat, Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia menggelar US—Indonesia Culinary Celebration. Berkolaborasi dengan restoran ternama di Jakarta, Sofia at The Gunawarman, US—Indonesia Culinary Celebration menawarkan beragam menu spesial mulai dari makanan dan minuman.

"Kami senang sekali bisa merayakan ulang tahun 70 tahun hubungan Indonesia dan Amerika. Untuk merayakannya, kami menyatukan kuliner terbaik dua negara," kata Joseph R. Donovan selaku Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia saat acara pembukaan US—Indonesia Culinary Celebration di Sofia at The Gunawarman, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Tersedia dalam waktu yang terbatas yaitu mulai dari 19—30 Juni 2019, menu-menu yang ditawarkan pada kesempatan ini memadukan bahan-bahan serta bumbu-bumbu baik dari Indonesia dan Amerika Serikat. Perpaduan keduanya dipercaya dapat memperkaya pengalaman kuliner masyarakat Indonesia. Sementara, penggunaan bahan dan bumbu terbaik, menjamin pengalaman makan tak terlupakan.



Menu spesial tersebut diantaranya adalah appetizer, main course, dessert dan juga tidak ketinggalan empat minuman spesial yakni tiga cocktail dan satu mocktail. Untuk makanan ada Sofia Cured Salmon, yang menggunakan salmon fermentasi dan disajikan dengan krim keju dari Philadelphia. Salmon yang segar berpadu dengan cream cheese serta asam dari sunkist lemon.

Vegetable Millefeuille, yang berisi pisang tanduk panggang, beetroot dan kacang hijau yang diberi Philadelphia cream cheese. Palembang (Malbi) Beef Cheek, semur asal Palembang yang menggunakan bagian pipi sapi dari Omaha dengan bumbu-bumbu khas Malbi dan disajikan dengan sayur pakchoy, kentang tumis pedas dan union ring. Surf and Turf, terbuat dari Omaha Prime Tenderlion yang dipanggang dan Ocean King Prawn segar.

Scallop, terbuat dari US Maine Scallop yang dimasak dengan teknik pan seared dan disajikan bersama pasta tinta cumi, kentang saus marinara dan bawang goreng. Creamy Lemond Cod, fillet ikan cod hitam yang dimasak dengan teknik pan fried dan disajikan dengan cannelloni serta disajikan bersama sunkist lemon dan saus krim kelapa sebagai toping. Omaha Beef Short Rib, daging iga sapi Omaha yang dimarinate selama 48 jam dengan bumbu genap khas Bali.

"Menu yang terinspirasi malam ini berdasarkan bahan-bahan Amerika, termasuk daging, kurma dan scallop dan dikombinasikan dengan cita rasa Indonesia. Makanan dibuat oleh chef Sofia at The Gunawarman," kata dia.

Bourbon Pouch Apple, merupakan dessert spesial yang terbuat dari apel Washington dan diberi saus Bourbon lalu dipanggang selama 4 jam. Makanan penutup ini semakin spesial karena disajikan dengan kue khas Indonesia yaitu kue semprong, cookie do dan es krim vanilla serta toping highbush blueberry. Sticky Dates Pudding, kue bolu dengan tekstur yang lembut dari bahan dasar kurma berkualis dan saus toffee yang disajikan dengan es puter. Flambe Klappertaart, klappertaart dengan rhum, coconut soy custard, sun-maid raisin, graham crackers, meringue, US almond kemudian dituang sirup klasik Jack Daniels yang diberi api.

"Dan menggabungkan dengan teknik memasak, cita rasa Indonesia. Hasilnya masakan Instagramable dan memadukan gaya dua negara. Tidak ada yang bisa mengalahkan daging sapi konsumsi gandum dan kita lihat bahwa koki Indonesia dan konsumen setuju itu," ujar dia.

Sedangkan untuk minuman, tersedia Hawaiian Cobbler yaitu cocktail campuran dari American Whiskey, blueberry, orange, strawberry, fresh lime dan sirup. Chicago Smash, cocktail berisi American Whiskey, mint, fresh lime dan sirup. Tennesse, cocktail yang terbuat dari American Whiskey, homemade berries shrub, fresh lime, putih telur dan sirup. Shrub Breeze, mocktail menyegarkan yang terbuat dari homemade berries shrub, tonic water dan lemon.

"Kalau suka manis-manis, bisa mencicipi sajian pencuci mulut yang terbuat dari bahan dasar apel, kurma dan kismis dari Amerika," kata dia.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak