Stem Cell Mesenkimal Kini Jadi Terapi Regeneratif untuk Cedera, Disfungsional, dan Kerusakan Organ Tubuh

Senin, 15 Juli 2024 - 21:12 WIB
loading...
A A A
“Salah satu proses penting untuk memperoleh dan memperbanyak stem cell mesenkimal dari tali pusat dikenal sebagai proses ekspansi. Kualitas stem cell yang dihasilkan dari proses ekspansi ini berperan penting dalam menentukan keamanan terapi. Itu sebabnya fasilitas pengolahekspansi stem cell harus memenuhi beberapa kriteria untuk menjamin kualitas produknya,” jelas dr. Meriana Virtin.

Sejak 2015, PT Cordlife Persada menjalin kerja sama dalam hal ekspansi stem cell dengan Regenic, yang berperan sebagai fasilitas pengolahan stem cell dari tali pusat yang tersimpan pada jaringan Cordlife Group.

Presiden Direktur PT Bifarma Adiluhung dr. Sandy Qlintang, M. Biomed menjelaskan, jaringan tali pusat yang diterima akan menjalani tahapan proses isolasi dan ekspansi hingga pada akhirnya diperoleh stem cell mesenkimal yang siap diinfuskan kepada pasien.

"Sebelum mengirimkan stem cell mesenkimal ke rumah sakit tempat pelaksanaan terapi, kami melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak ada kontaminasi bakteri dan endotoksin sehingga sel aman untuk diberikan ke pasien," terangnya.

“Regenic akan meneruskan dan memperluas kerja sama dengan PT Cordlife Persada. Selain pemrosesan stem cell, Regenic akan mengedukasi dokter, pasien, ataupun masyarakat awam agar lebih mengenal dan memahami dengan baik mengenai potensi serta manfaat stem cell bagi kesehatan, dan dalam hal pemilihan stem cell yang bersumber dari fasilitas yang telah tersertifikasi," lanjut dr. Sandy.

Regenic merupakan industri farmasi di bawah PT Bifarma Adiluhung, anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk, yang memiliki fasilitas pengolahan stem cell pertama dan satu-satunya di Indonesia yang telah mendapat izin operasional dari Kementerian Kesehatan RI dan Sertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari BPOM. Saat ini, Regenic merupakan fasilitas pengolahan stem cell dan metabolit terbesar di Indonesia yang telah memiliki sertifikat cGMP (current Good Manufacturing Practices).

“Kerja sama ini merupakan perwujudan dari komitmen PT Cordlife Persada untuk memberikan pelayanan yang berkualitas bagi klien-kliennya. Melakukan pemrosesan stem cell di fasilitas yang memiliki sertifikat cGMP dapat memberikan keyakinan bahwa stem cell yang dihasilkan aman untuk digunakan dalam terapi," kata Retno Suprihatin, Country Director PT Cordlife Persada.
(tsa)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0734 seconds (0.1#10.140)