Kelola Stres Bikin Hidup Lebih Produktif

Jum'at, 26 Juli 2019 - 00:29 WIB
Kelola Stres Bikin Hidup Lebih Produktif
Kelola Stres Bikin Hidup Lebih Produktif
A A A
JAKARTA - Guna menjaga kesehatan tubuh, ada empat pilar kesehatan yang perlu dilakukan, yaitu makan bergizi seimbang, olahraga teratur, tidur cukup, serta pengelolaan stres yang baik.

"Jika keempat pilar ini terkelola dengan baik maka hidup akan lebih optimal," kata dr. Nurvantina Pandina, MM selaku direktur marketing & customer management group RS Mitra Keluarga dalam acara Partners Gathering MIKA.

Jika tidak dikelola dengan baik, stres dapat mempengaruhi kualitas hidup. Untuk itu, stress harus dikelola agar menjadi dorongan positif saat menjalankan aktivitas sehari-hari. hal itu dibenarkan oleh dr. Albert Maramis, SpKJ, dimana masyarakat saat ini mudah sekali dihinggapi stres seperti terlalu overthinking, menginginkan segala sesuatunya sempurna, dan sebagainya.

"Bila seseorang terserang stres tidak hanya berdampak pada kondisi psikis namun juga bisa terserang penyakit kronis, tergantung pada level stres tersebut," tutur spesialis kesehatan jiwa dari RS Mitra Keluarga.

Karenanya, dr. Albert mengimbau untuk segera mengenali tanda dan gejala stres. "Jangan abaikan stres yang Anda rasakan," imbuhnya. (Baca juga: Atasi Komentar Negatif, Song Hye Kyo Ambil Tindakan Hukum ).

Stres merupakan reaksi tubuh terhadap setiap perubahan yang membutuhkan penyesuaian diri. Badan akan bereaksi dengan respon fisik, mental dan emosional. Ia menekankan bahwa stres bisa jadi baik, jika pada keadaan tertentu stres tersebut bisa memacu untuk berprestasi. Misalnya naik jabatan atau saat akan menempuh ujian sekolah.

"Tapi akan jadi buruk apabila melebihi kemampuan individu bersangkutan, mengingat daya tahan orang terhadap stres itu berbeda," terang dr. Albert.

Dikatakan dr. Albert, tanda stres yang berat diantaranya perasaan tidak nyaman, merasa terbebani, sakit kepala, hingga susah tidur. Terkait gangguan tidur, dr. Andreas Prasadja, RPSGT dari Klinik Gangguan Tidur RS Mitra Keluarga Kemayoran memaparkan bahwa parameter tidur yang tidak sehat adalah bangun tidak segar dan siang hari merasa mengantuk.

"Ada dua gejala penyakit tidur yaitu insomnia dan hypersomnia. Kalau hypersomnia tidurnya enak dari malam sampai pagi tapi siang hari ngantuk dan kualitas hidup terganggu," ungkap dr. Andreas.

Ya, tidur yang berkualitas sejatinya akan membuat hidup lebih produktif. Tidur cukup nyatanya juga dapat menurunkan berat badan. Sebab, otak yang mengantuk akan secara otomatis mencari zat yang manis, asin, ataupun gurih.

Lebih jauh, dr. Nurvantina mengatakan bahwa tujuan Partners Gathering MIKA tersebut adalah guna mengampanyekan hidup sehat dengan mengajak sahabat MIKA untuk lebih menikmati hidup sehingga sehat jasmani dan rohani. Pada acara itu juga diumumkan dua pembukaan RS Mitra Keluarga di tahun ini yaitu RS Mitra Keluarga Bintaro dan RS Mitra Keluarga Jatiasih.

"Acara ini diharapkan dapat memperkuat jalinan silaturahmi dan memberikan informasi terkini seputar layanan dan perkembangan di Mitra Keluarga Group," pungkas dr. Nurvantina.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6928 seconds (0.1#10.140)