Beri Stimulasi Tepat untuk Tumbuh Kembang Optimal

Jum'at, 26 Juli 2019 - 10:15 WIB
Beri Stimulasi Tepat untuk Tumbuh Kembang Optimal
Beri Stimulasi Tepat untuk Tumbuh Kembang Optimal
A A A
SETIAP anak berhak mendapat dukungan nutrisi terbaik dan stimulasi tepat sedini mun kin agar tumbuh dan berkembang dengan optimal. Untuk itu, diperlukan dukungan berbagai pihak agar anak Indonesia bisa menda patkan nut risi dan stimulasi yang memadai. Marketing Manager SGM Eksplor Astrid Prasetyo mengatakan, pihaknya percaya bahwa kemajuan bangsa Indonesia sangat bergantung pada prestasi sumber daya manusianya.

“Pada momen ini, kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat menyadari pentingnya dukungan pemenuhan nutrisi dan stimulasi tepat untuk terwujudnya anak generasi maju,” ucap Astrid dalam acara Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju oleh SGM Eksplor di Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan, selain pemenuhan nutrisi, pihaknya juga mendorong diberikannya stimulasi tepat sedini mungkin bagi si kecil, salah satunya dengan menghadirkan Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju.

Di Taman ini disediakan berbagai kegiatan menarik dan edukatif, mulai lomba mewarnai, berbagai arena permainan yang seru dan edukatif seperti Taman Cerdas Berkreasi, Taman Ketangkasan, Taman Petualangan, Taman Sehat, dan sesi edukasi gizi untuk si kecil bersama bunda.

Astrid menjelaskan bahwa Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju dirancang khusus untuk mengasah lima potensi pres tasi anak generasi maju melalui permainan menarik di empat taman prestasi yang terdiri dari Taman Cerdas Berkreasi, Taman Ketang kasan, Taman Petualangan, dan Taman Sehat.

“Melalui permainan yang ada, orang tua dan anak-anak dapat mempelajari dan mengenal beberapa stimulasi yang dapat mendukung serta mengasah potensi prestasi si kecil, seperti arena bermain Taman Cerdas Berkreasi, terdapat permainan simulasi menerbangkan pesawat dan menjalankan misi mengumpulkan keping Complinutri.

Dari permainan ini, si kecil dapat belajar tentang bagaimana berpikir kreatif,” papar Astrid. Sementara itu, psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani SPsi MSi Psi menuturkan, sangat penting untuk memberikan dukungan kom plet bagi si kecil yang terdiri dari pemenuhan nutrisi dan sti mulasi yang tepat untuk men dukung dan mengasah potensi prestasi si kecil agar membantunya berpikir kreatif, supel, mandiri, serta percaya diri.

“Semua aspek tersebut penting untuk dikembangkan sedini mungkin agar kelak si kecil menjadi generasi maju yang berprestasi dan berkepribadian baik,” kata Anna. Menurutnya, ada banyak simulasi yang mudah diterapkan orang tua di rumah agar dapat mengembangkan potensi prestasi si kecil.

Misalnya, untuk menstimulasi aspek kemandirian si kecil saat berusia 1 tahun, anak bisa diajarkan memegang sendok sendiri agar memiliki kemandirian untuk makan sendiri. “Selain itu, orang tua bisa mendukung stimulasi rasa ingin tahu si kecil agar bisa mengembangkan potensi prestasi berpikir kreatif. Caranya dengan menciptakan lingkungan yang aman,” papar Anna.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6105 seconds (0.1#10.140)