10 Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal, Waspada Rasa Gatal

Kamis, 01 Agustus 2024 - 07:00 WIB
loading...
A A A

5. Rasa Gatal yang Persisten


Penumpukan limbah dalam darah akibat fungsi ginjal yang menurun dapat menyebabkan rasa gatal yang parah. Gatal ini sering kali tidak bisa dihilangkan dengan krim atau lotion.



6. Nafas Pendek


Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, cairan berlebih dapat menumpuk di paru-paru, menyebabkan kesulitan bernapas. Anemia yang terkait dengan penyakit ginjal juga dapat menyebabkan rasa sesak nafas.

7. Nyeri di Punggung atau Sisi Tubuh


Nyeri di punggung bagian bawah atau di sisi tubuh bisa menjadi tanda adanya masalah pada ginjal. Batu ginjal atau infeksi pada ginjal bisa menyebabkan rasa nyeri yang tajam atau tumpul di area tersebut.

8. Nafsu Makan Berkurang


Penumpukan racun dan limbah dalam tubuh akibat ginjal yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Penderita sering kali merasa mual dan kehilangan selera makan.

9. Pusing dan Sulit Berkonsentrasi


Anemia akibat penyakit ginjal dapat menyebabkan otak menerima oksigen yang lebih sedikit, yang dapat mengakibatkan pusing, kebingungan, dan kesulitan berkonsentrasi.

10. Tekanan Darah Tinggi


Ginjal membantu mengatur tekanan darah. Jika ginjal rusak, kemampuan ini berkurang, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat memperburuk kerusakan ginjal.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)