alexametrics

Balkonjazz Festival Turut Gerakkan Perekonomian di Kawasan Borobudur

loading...
Balkonjazz Festival Turut Gerakkan Perekonomian di Kawasan Borobudur
Balkondes Tuksongo, Sabtu (14/9/2019) akan menjadi saksi dihelatnya Balkonjazz Festival 2019, festival musik yang menyatu bersama keindahan dan kekayaan alam Magelang, Jawa Tengah. / Foto: Instagram @balkonjazz.id
A+ A-
JAKARTA - Kawasan Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik. Sebut saja Candi Borobudur, Bukit Rhema (Gereja Ayam), Goa Maria Sendangsono, Punthuk Setumbu dan masih banyak lainnya.

Sudah sejak lama kawasan wisata tersebut menjadi tujuan liburan atau melancong para wisatawan domestik dan mancanegara. Dengan banyaknya tempat wisata yang wajib dikunjungi di daerah tersebut, maka para wisatawan tampaknya tidak cukup hanya menghabiskan waktunya sehari saja.

Dengan banyaknya kunjungan wisatawan di suatu daerah, maka bakal terjadi juga perputaran ekonomi yang lebih besar di daerah tersebut. Potensi besar di wilayah Kecamatan Borobudur itu pun ditangkap Kementerian BUMN, yang akhirnya lahir program Balai Ekonomi Desa (Balkondes).



Balkondes difungsikan sebagai pematik perekonomian lokal desa berbasis pariwisata atau Community Based Tourism. Balkondes dipandang sebagai solusi tepat bagi para pelancong untuk menambah waktu lama tinggalnya di seputaran destinasi wisatawa di Borobudur. Dan hal itu memberi dampak positif yang bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Pengelola Balkondes, PT Manajeman CBT Nusantara (MCN) melalui direkturnya Jatmika Budi Santoso mengatakan, sampai saat ini setidaknya telah ada sebanyak 20 Balkondes yang tersebar di beberapa titik di Kecamatan Borobudur. Dan dari masing-masingnya, setiap Balkondes memiliki potensi lokal menarik yang bisa dirasakan langsung oleh wisatawan yang berpelesir ke berbagai destinasi wisata yang ada di Borobudur.

Sebagai contoh, Balkondes Tuksongo, para wisatawan yang memilih tinggal sementara di sini bisa langsung merasakan bagaimana kecanggihan teknologi digital saat ini, yang dipadukan dengan nuansa pedesaan khas Indonesia. Para wisatawan akan dimanjakan dengan beragam suguhan menarik wisata budaya, kesenian, pendidikan, agrowisata dan masih banyak lainnya.

"Setiap Balkondes sebetulnya memiliki potensinya masing-masing, dan hal ini tentunya dikelola secara langsung oleh warga sekitar. Kita ambil contoh lain. Misalnya seperti Balkondes Bigara, di mana wisatawan bisa melihat potensi Cokelat yang ada di sana. Atau mungkin Balkondes Tanjungsari, di mana di sana terdapat potensi Madu, Tahu dan Kerajinan Batu yang bisa ditemui langsung oleh wisatawan," tutur Jatmika dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (12/9).

Guna lebih meningkatkan lagi potensi masyarakat dan Balkondes, PT MCN menggandeng Sinergi Nusantara untuk menghadirkan sebuah gelaran musik Balkonjazz Festival yang siap dihelat 14 September 2019 di Balkondes Tuksongo. Festival ini tercipta dari proses kolaborasi antara budaya yang telah ada sejak lama di daerah tersebut, bersama musik dari para musisi ternama Indonesia.

Inisiator dan Direktur Balkonjazz Festival, Bakkar Wibowo dari Sinergi Nusantara memaparkan, Balkonjazz Festival tidak hanya menjadi sebuah gelaran musik pada umumnya. Sebab, para pengunjung di Balkonjazz nanti akan dibuat terpesona oleh panorama alam sekitaran Balkondes, sambil ditemani pertunjukan musik memukau. Dan hal ini akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan bagi siapa saja yang melibatkan dirinya di sana.

"Balkonjazz Festival 2019 segera kami suguhkan kepada masyarakat Indonesia. Kami berharap festival ini akan menjadi awal yang baik, di mana masyarakat Indonesia mengetahui bahwa ada banyak potensi ekonomi lokal yang luar biasa dimiliki oleh masyarakat di seputaran Balkondes. Dan harapannya nanti, akan lebih banyak lagi wisatawan dan pelaku ekonomi yang akan datang ke sini," tutur Bakkar.

Sederet musisi ternama Tanah Air, seperti Yura Yunita, Rio Febrian, Payung Teduh, Dialog Dini Hari, Langit Sore, Tashoora, Nostress dan Frau bakal meramaikan Balkonjazz Festival 2019. Di samping itu, dalam penyelenggaraan festival ini, terdapat fasilitas VIP Package yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Menurut Bakkar, fasilitas VIP Package ini dibagi menjadi beberapa kelas dan harga. Kelas Silver seharga Rp550.000, Gold Rp850.000, Platinum Rp1.300.000, Diamond Rp1.500.000, dan Group Rp2.400.000. Fasilitas yang akan didapatkan saat menggunakan VIP Package di antaranya Balkondes Homestay, Balkonjazz VIP Spot Area, Balkonjazz Mechandise T-shirt, dan masih banyak lainnya.

"Guna mengetahui informasi terbaru tentang Balkonjazz Festival bisa langsung mengunjungi website balkonjazz.com, atau akun official Instagram dan Facebook Balkonjazz Festival di @balkonjazz.id," pungkas Bakkar.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak