alexametrics

Tampil di Ottawa, Elemwe Sajikan Batik Penari Cokek

loading...
Tampil di Ottawa, Elemwe Sajikan Batik Penari Cokek
Label batik Betawi, Elemwe, akan ambil bagian di IndoFest 2019 yang digelar di Ottawa, Kanada, dengan menampilkan 5 busana batik Betawi bermotif Penari Cokek. (Istimewa)
A+ A-
JAKARTA - Label batik Betawi, Elemwe, bakal ambil bagian dalam ajang tahunan IndoFest 2019 yang digelar di Ottawa, Kanada. Di acara besutan KBRI Ottawa tersebut, Elemwe berencana untuk menampilkan lima busana batik Betawi dengan motif Penari Cokek.

Motif rancangan Elemwe itu terinspirasi dari keindahan warna yang diambil dari tema musim gugur berpadu dengan bahan chifon dan katun bermotif seni budaya Betawi.

Indofest merupakan kegiatan yang diselenggarakan KBRI Ottawa dalam mempromosikan kekayaan budaya, potensi parisiwisata dan perdagangan Indonesia kepada masyarakat Kanada.



Desainer dan pemilik label Elemwe, Lily Mariasari mengungkapkan, selain memang mempunyai visi dan misi yang sama dengan tujuan acara Indofest, pihaknya juga benar-benar ingin mempromosikan Kota Jakarta dan seni budaya serta hasil karya pengrajin.

"Sehingga nantinya orang asing akan tertarik untuk mengunjungi Jakarta dan membeli karya-karya pengrajin seperti kain batik Betawi, craft Betawi dan lainnya," lanjut Lily dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (13/9).

Pada desainnya kali ini Lily mengadopsi era milenial sesuai dengan perkembangan jaman, maka motif batik Betawi yang digunakan lebih simple, up-to-date namun tetap terlihat elegan.

"Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya saya pola desain yang semakin lebih berkembang dan modern namun tetap memiliki unsur seni budaya yang wajib kita promosikan," kata dia.

Menurut Lily, tren batik 2020 akan tampil lebih modern dan inovatif dengan paduan motif batik yang semakin beragam. Model dan warna batik akan lebih ke warna warna alam.

Ke depannya, Lily berharap bisa rutin mengikuti event semacam ini ke beberapa negara. Lily terus berupaya mempresentasikan karyanya bersama Elemwe. Bahkan tak hanya mendesain, Lily kerap mengadakan workshop membatik, dan membawa produk lokal dari para pengrajin di Jakarta dalam setiap pameran yang diikuti.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak