Bau Ketiak Jadi Gunjingan di Sosmed, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 08:20 WIB
loading...
A A A

5. Stres dan Emosi


Stres, kecemasan, atau kondisi emosional yang intens bisa memicu produksi keringat yang lebih banyak dari kelenjar apokrin, yang berkontribusi pada bau ketiak.



6. Pakaian yang Tidak Tepat


Mengenakan pakaian yang tidak menyerap keringat atau terlalu ketat bisa menyebabkan keringat terjebak di kulit. Kondisi ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak dan menyebabkan bau.

Cara Mencegah Bau Ketiak


1. Menjaga Kebersihan Diri


Mandi secara teratur dengan sabun antibakteri dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di kulit, yang pada gilirannya dapat mencegah bau ketiak. Pastikan ketiak selalu kering setelah mandi.

2. Menggunakan Deodoran atau Antiperspiran


Deodoran membantu menutupi bau badan sementara antiperspiran mengurangi produksi keringat. Beberapa produk mengandung bahan antibakteri yang bisa membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau.

3. Mengganti Pola Makan


Hindari makanan yang bisa menyebabkan bau ketiak seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas. Perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan yang bisa membantu menetralkan bau badan.

4. Mengelola Stres


Karena stres bisa memicu produksi keringat berlebih, penting untuk mengelola stres dengan baik. Meditasi, yoga, dan olahraga teratur bisa membantu mengurangi stres.

5. Memilih Pakaian yang Tepat


Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun. Hindari pakaian yang terlalu ketat dan biarkan kulit bernapas.



6. Mencukur atau Waxing Ketiak


Rambut di ketiak bisa memerangkap keringat dan bakteri, sehingga mencukur atau waxing secara teratur bisa membantu mengurangi bau.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)