Ini Efek Samping Kebanyakan Minum Kopi bagi Kesehatan

Selasa, 01 Oktober 2019 - 18:30 WIB
Ini Efek Samping Kebanyakan Minum Kopi bagi Kesehatan
Ini Efek Samping Kebanyakan Minum Kopi bagi Kesehatan
A A A
JAKARTA - Kopi memang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Rutin minum kopi dikaitkan dengan kesehatan jantung yang baik. Namun, kebanyakan minum kopi juga menyebabkan efek yang tak baik bagi kesehatan.

Bertepatan dengan Hari Kopi Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober, beberapa penelitian menemukan bahwa wanita yang banyak minum kopi mungkin memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi. Dilansir dari Medicalnewstoday, berikut efek samping yang ditimbulkan dari terlalu banyak konsumsi kopi.

1. Frakrtur tulang
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa wanita yang banyak minum kopi memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi. Pria dengan asupan kopi yang lebih tinggi, di sisi lain memiliki risiko yang sedikit lebih rendah.

2. Kehamilan
Para peneliti menambahkan bahwa konsumsi kopi tidak aman selama kehamilan. Faktanya, ada beberapa bukti yang menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi kopi yang tinggi dan keguguran, berat lahir rendah, dan kelahiran prematur.

3. Endometriosis
Ada risiko endometriosis yang lebih tinggi di antara wanita yang minum kopi, tetapi tidak ada cukup bukti untuk mengkonfirmasi hubungan tersebut.

4. Penyakit refluks gastroesofagus
Orang yang minum banyak kopi memiliki risiko yang sedikit lebih tinggi dari penyakit refluks gastroesofagus.

5. Kegelisahan
Mengonsumsi jumlah tinggi kafein dapat meningkatkan risiko dari kecemasan, terutama di kalangan orang-orang dengan gangguan panik atau gangguan kecemasan sosial. Lebih jarang, ini dapat memicu mania dan psikosis pada mereka yang rentan.

6. Kesehatan mental
Sebuah studi dari 2016 menyimpulkan bahwa asupan kafein yang tinggi selama masa remaja dapat menyebabkan perubahan permanen di otak. Para ilmuwan di balik penelitian ini menyatakan keprihatinan bahwa ini dapat meningkatkan risiko kondisi terkait kecemasan di masa dewasa.

7. Kehadiran bahan beracun
Pada 2015, para peneliti menemukan kadar mikotoksin yang relatif tinggi dalam kopi komersial. Mikotoksin adalah zat beracun yang dapat mencemari kopi sebagai produk alami. Beberapa orang khawatir acrymalide, bahan kimia lain yang ada dalam kopi, mungkin berbahaya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6672 seconds (0.1#10.140)