Kurangi Sampah, Desainer Indonesia Hadirkan Koleksi dari Barang Bekas

Kamis, 24 Oktober 2019 - 09:30 WIB
Kurangi Sampah, Desainer Indonesia Hadirkan Koleksi dari Barang Bekas
Kurangi Sampah, Desainer Indonesia Hadirkan Koleksi dari Barang Bekas
A A A
JAKARTA - Peragaan busana bertajuk A Story of Second Chances menjadi perhatian karena koleksi yang dihadirkan terinspirasi dari upcycling fashion produk pre-loved di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020.

Panggung fashion ini berkat Tinkerlust yang berkolaborasi dengan tiga label lokal yaitu Alexalexa, Jenahara by Jenahara Nasution, serta brand anyar fotografer Hakim Satriyo dan designer Riyam Dayani, Sebe11as (Sebelas Sebelas).

Tiga label fashion itu dipilih karena memiliki visi dan misi yang sejalan dengan Tinkerlust dalam mendukung gerakan sustainable fashion. Masing-masing lini memiliki karakteristik desain yang khas, sehingga mampu memunculkan koleksi yang unik dan berbeda-beda. (Baca juga: Raffi Ahmad: Bukan Pamit, Tapi Istirahat Sejenak ).

"Tidak dipungkiri bahwa bumi kita sekarang sedang mengalami beberapa masalah lingkungan seperti climate change dan banyaknya sampah, termasuk sampah fashion yang merupakan terbesar kedua setelah industri minyak dan gas. Koleksi ini kemudian terinspirasi dari keinginan kita untuk mengurangi sampah fashion tersebut dengan melakukan upcycling," kata Aliya Amitra selaku COO dan Co-Founder Tinkerlust saat JFW 2020, Rabu (23/10/2019).

Upcycling merupakan salah satu langkah dalam fashion circular economy, dimana barang-barang fashion yang sudah ada akan dimodifikasi dan didesain ulang sehingga menjadi baru dan menarik lagi. Dalam kesempatan ini, ketiga designer lokal tersebut mengolah beberapa items preloved dari website dan featured seller.

"Barang-barang ini kemudian didesain ulang sesuai ciri khas masing-masing designer dan diinkorporasikan ke dalam koleksi. Sehingga barang-barang tadi tidak akan menjadi tumpukan sampah, namun dapat menjadi warna baru dalam koleksi wardrobe kita layaknya memberi kesempatan kedua bagi barang fashion tersebut," jelas Samira Shihab selaku CEO dan Co-Founder Tinkerlust.

Jenahara Nasution yang menggawangi brand Jenahara, berpendapat bahwa menciptakan koleksi dari bahan sisa produksi atau preloved items penting untuk dilakukan saat ini, melihat pasar fashion Indonesia yang terus berkembang pesat. (Baca juga: Crystallure by Wardah Perkenalkan Keunggulan Dua Formula Terbaru ).

"Tingginya minat konsumen mendorong desainer dan brand fashion untuk terus mengeluarkan koleksi baru. Namun sayangnya, banyak orang yang lupa akan sampah yang dihasilkan dari produksi fashion pieces tersebut," papar Jenahara.

Selain melakukan upcycling items dari Tinkerlust, Jenahara juga menggunakan kain sisa dari koleksi-koleksi sebelumnya serta upcycling baju milik influencers seperti Lizzie Parra, Andra Alodita, Ucita Pohan, Anissa Aziza, Kalula, dan Agla Artalidia. Selain Jenahara, SEBE11AS by Hakim Satriyo dan Riyam Dayani juga mengajak beberapa publik figur seperti Dian Sastrowardoyo, Kelly Tandiono, Mike Lewis, Adinia Wirasti, Ayushita, Hannah Al Rasjid, Daniel Adnan, Nicoline Patricia Malina dan lain-lain untuk ikut serta sebagai muse di runway.

Seluruh muse dipilih untuk ikut membantu menyebarkan pesan positif yang dibawa dalam fashion show ini. Sebagian besar koleksi A Story of Second Chance juga akan tersedia di situs resmi Tinkerlust, dimana sebagian dari hasil penjualan ini akan disumbangkan melalui yayasan amal, Sekolah Kami.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7074 seconds (0.1#10.140)