Ibu Berperan Penting Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Rabu, 11 September 2024 - 12:51 WIB
loading...
A A A
”Dengan kata lain, ibu dan anak harus dijaga kesehatan gigi dan mulutnya dan berada dalam satu paket, khususnya anak usia Balita, pra sekolah atau tahap awal Sekolah Dasar SD),” katanya.

Selain itu, perlu dipertimbangkan pula untuk dilakukan penelitian dengan cara mengukur pengetahuan dan memeriksa kesehatan gigi dan mulut ibu, dan hasilnya dapat digunakan sebagai pedoman promosi dan pencegahan penyakit gigi dan mulut anak di suatu daerah tertentu.

”Perlu kerja sama dan peran aktif masyarakat khususnya ibu dan anak untuk menunjang tercapainya program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2015 yaitu anak Indonesia usia 12 tahun bebas karies pada tahun 2030,” katanya.

Dia menambahkan, terdapat empat masalah utama pada anak di masa tumbuh kembangnya yaitu obesitas, malnutrisi, alergi dan karies. Penyakit ini mempunya prevalenai lima kali lebih tinggi dari asma dan tujuh kali lebih tinggi dari rhinitis alergika. “Prevalensi karies anak Indonesia usia 5 tahun adalah sebesar 90% dengan indeks dmft sebesar 7.5,” paparnya.

Sedangkan Oral health country profile yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Indonesia merupakan negara peringkat ke dua di Asia Tenggara, yang memiliki total pengeluaran untuk perawatan kesehatan gigi terbesar, setelah Singapura.

”Karies gigi pada anak yang tidak dirawat akan menimbulkan dampak yang tidak menguntungkan, antara lain timbulnya rasa sakit, kemungkinan terjadinya infeksi, gangguan aktivitas sehari-hari. Selain itu, masalah psikomotor, gangguan tumbuh kembang, penurunan kualitas hidup,” ujarnya.
(tdy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)