alexametrics

Liburan ke Serambi Mekkah, Ini Referensi Itinerary yang Pas buat Anda

loading...
Liburan ke Serambi Mekkah, Ini Referensi Itinerary yang Pas buat Anda
Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh berdiri megah menyimpan memorabilia yang menjadi saksi bisu kedahsyatan gempa dan tsunami yang menghantam Aceh pada 26 Desember 2004. / Foto: dok. SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Belum pernah liburan ke Aceh? Tak perlu ragu menjadikan Serambi Mekkah sebagai destinasi wisata untuk libur panjang. Banda Aceh memiliki atraksi wisata yang menarik untuk dijelajahi lebih dalam. Destinasi wisata budaya, sejarah, religi, alam, hingga kuliner tersaji lengkap untuk memenuhi kebutuhan liburan Anda.

Bagi yang tertarik berlibur ke Aceh tetapi masih bingung untuk menyusun agenda, Anda bisa menjadikan itinerary liburan 3 hari 2 malam, dan berikut referensinya.

Hari 1



Sebelum melancong, pastikan Anda sudah memesan penginapan di Banda Aceh. Ada baiknya, pilih penginapan yang berada di jantung kota untuk memudahkan akses transportasi menuju destinasi wisata dan pusat hiburan.

Untuk hari pertama, ada beberapa rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda masukkan dalam agenda:

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid yang menjadi ikon Provinsi Aceh ini harus menjadi tempat pertama yang Anda kunjungi. Bangunan megahnya memiliki nilai seni yang tinggi. Kawasan sekitar masjid pun cukup asyik untuk dijadikan tempat bersantai dan berburu foto.

2. Museum Tsunami

Museum Tsunami menghimpun memorabilia peristiwa tsunami besar yang terjadi pada 2004. Bangunan museum mengadopsi desain khas Rumah Aceh dan terdiri dari empat lantai. Di Museum Tsunami, Anda dapat menemukan visualisasi peristiwa tsunami, nama-nama korban, dan sarana edukasi bencana.

3. Rumah Cut Nyak Dien

Rumah Cut Nyak Dien yang ada di Aceh saat ini sebenarnya hanya replika yang dibuat mirip aslinya. Rumah asli Cut Nyak Dien dan Teuku Umar telah dibakar pemerintah Belanda. Meski hanya replika, Rumah Cut Nyak Dien menyimpan potret kehidupan pahlawan wanita Aceh ini dari masa ke masa. Posisi perabotan di dalamnya pun dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Hari 2

Sebelum memulai perjalanan, tidak ada salahnya mengisi perut dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata kuliner berikut ini:

1. Food Court Blangpadang

Pusat kuliner di Kota Banda Aceh ini berlokasi tak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman. Bisa dibilang, pilihan kuliner yang tersedia di sini lumayan lengkap. Anda dapat menikmati kuliner khas Aceh seperti mi, sate matang, hingga aneka olahan seafood.

2. Rumah Makan Hasan

Restoran legendaris ini pun menyajikan kuliner khas yang terkenal enaknya, seperti sie kameng dan ayam tangkap. Harganya pun cukup terjangkau, yakni mulai Rp20.000.

Selepas menikmati sarapan, lanjutkan perjalanan wisata ke tempat unggulan lainnya. Jika di hari pertama Anda mengunjungi situs budaya dan sejarah, di hari kedua saatnya untuk menjelajahi objek wisata alam. Aceh memiliki pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi, sebut saja Pantai Lhoknga dan Lhok Mee yang terkenal berkat air lautnya yang biru.

Hari 3

Di pengujung liburan ini, lengkapi perjalanan wisata dengan mengunjungi situs budaya Taman Sari Gunongan dan Rumoh Aceh. Kedua tempat ini memiliki nilai sejarah dan tradisi yang cukup kental. Perpaduan seni arsitektur khas Melayu dan Timur Tengah mampu menciptakan nuansa religius yang begitu terasa.

Sebelum kembali ke kota asal, jangan lupa membeli suvenir khas Aceh. Salah satu pusat suvenir terpopuler di Banda Aceh berlokasi di Jalan Sri Ratu Syafiatuddin, Peunayong. Di pusat oleh-oleh, Anda dapat menemukan tikar bercucuk, kue bhoi, batik dan tas bordir khas Aceh, hingga kopi gayo yang sudah tersohor.

Pesan tiket pesawat ke Aceh sekarang juga biar liburan jadi lebih nyaman. Usahakan untuk memesan tiket jauh-jauh hari demi mengantisipasi lonjakan harga pada musim libur panjang. Cek situs pemesanan tiket seperti Airy untuk menemukan tiket pesawat Lion Air dengan harga terjangkau. Airy juga menyediakan promo menarik yang bikin liburan jadi lebih hemat.Proses transaksi di Airy mudah dan aman, sehingga bisa memberi jaminan Anda dari potensi penipuan. Jika menemukan kendala dalam perjalanan, hubungi layanan konsumen Airy untuk melakukan reschedule atau refund. Prosesnya dijamin mudah, liburan pun dapat lebih tenang.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak