7 Karbohidrat Pengganti Nasi Putih yang Lebih Sehat, Pilihan untuk Diet Seimbang

Selasa, 17 September 2024 - 15:20 WIB
loading...
7 Karbohidrat Pengganti...
Ada banyak jenis karbohidrat pengganti nasi putih yang lebih sehat dan bisa menjadi pilihan diet seimbang. Ini karena nasi memiliki indeks glikemik yang tinggi. Foto/Brickhouse nutrition
A A A
JAKARTA - Ada banyak jenis karbohidrat pengganti nasi putih yang lebih sehat dan bisa menjadi pilihan diet seimbang. Ini karena nasi memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, yang berarti dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dengan cepat.

Bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan atau menurunkan berat badan, mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat yang lebih sehat bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa karbohidrat pengganti ini menawarkan lebih banyak serat, vitamin, mineral, dan nutrisi yang mendukung kesehatan jangka panjang.

Berikut adalah karbohidrat pengganti nasi putih yang lebih sehat dilansir dari Web MD, Selasa (17/9/2024).

7 Karbohidrat Pengganti Nasi Putih yang Lebih Sehat





1. Quinoa


Quinoa adalah salah satu makanan super yang sangat populer dalam pola makan sehat. Meskipun secara teknis bukan biji-bijian, quinoa sering dianggap sebagai biji-bijian karena cara penyajiannya yang mirip dengan nasi.

Setiap 100 gram quinoa matang mengandung sekitar 21 gram karbohidrat, tetapi quinoa juga kaya akan serat, protein, dan semua sembilan asam amino esensial yang tidak dimiliki nasi putih. Makanan ini mengandung protein yang lebih tinggi daripada nasi putih, membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Selain itu, kaya serat yang mendukung pencernaan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil serta bebas gluten, sehingga cocok untuk orang yang menjalani diet bebas gluten. Quinoa mudah dimasak dan bisa dijadikan pengganti nasi dalam berbagai hidangan seperti salad, tumisan, atau sebagai pendamping lauk.

2. Ubi Jalar


Ubi jalar adalah sumber karbohidrat yang tidak hanya lezat, tetapi juga kaya nutrisi. Setiap 100 gram ubi jalar matang mengandung sekitar 20 gram karbohidrat, tetapi ubi jalar juga mengandung beta-karoten, serat, dan berbagai vitamin seperti vitamin A dan C.

Kandungan gulanya lebih rendah dibanding nasi putih, sehingga lebih cocok untuk mereka yang ingin menjaga kadar gula darah. Kandungan antioksidan beta-karoten ubi jalar bisa menyehatkan mata dan kulit. Makanan ini juga lambat dicerna karena seratnya yang tinggi, sehingga menjaga rasa kenyang lebih lama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)