7 Karbohidrat Pengganti Nasi Putih yang Lebih Sehat, Pilihan untuk Diet Seimbang

Selasa, 17 September 2024 - 15:20 WIB
loading...
A A A
Bulgur sering digunakan dalam salad seperti tabbouleh atau sebagai pengganti nasi dalam hidangan lainnya.

6. Lentil


Lentil atau kacang lentil adalah salah satu sumber karbohidrat yang sangat kaya nutrisi dan serat. Dalam 100 gram lentil matang, terkandung sekitar 20 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, lentil juga kaya akan protein nabati, serat, zat besi, dan folat.

Lentil juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah seperti nasi putih. Tinggi serat yang baik untuk pencernaan dan menjaga gula darah tetap stabil, dan mengandung protein nabati yang baik untuk vegetarian dan vegan.

Lentil juga kaya akan zat besi dan folat, yang penting untuk kesehatan darah. Lentil dapat dimasak menjadi sup, dijadikan isian salad, atau digunakan sebagai bahan utama dalam hidangan seperti curry.



7. Buckwheat


Buckwheat atau kinoa hitam adalah biji-bijian bebas gluten yang kaya akan karbohidrat dan nutrisi. Setiap 100 gram buckwheat matang mengandung sekitar 19 gram karbohidrat, tetapi juga mengandung protein, magnesium, dan serat yang lebih tinggi daripada nasi putih.

Buckwheat juga kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Makanan ini bebas gluten, cocok untuk orang yang intoleransi gluten, dan mengandung antioksidan yang membantu melawan peradangan.

Selain itu, tinggi serat yang mendukung kesehatan pencernaan dan menjaga kestabilan gula darah. Buckwheat dapat digunakan sebagai pengganti nasi dalam hidangan utama atau dijadikan buburuntuksarapan.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)