7 Karbohidrat Pengganti Nasi Putih yang Lebih Sehat, Pilihan untuk Diet Seimbang

Selasa, 17 September 2024 - 15:20 WIB
loading...
A A A
Ubi jalar juga bisa menjaga kestabilan gula darah dengan kandungan karbohidrat kompleksnya. Ubi jalar bisa diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus, dan bisa digunakan sebagai pengganti nasi dalam berbagai hidangan sehari-hari.

3. Oat


Oat adalah pilihan sarapan yang sehat, tetapi juga bisa menjadi pengganti nasi putih sebagai sumber karbohidrat kompleks. Setiap 100 gram oat kering mengandung sekitar 66 gram karbohidrat, dengan serat larut beta-glukan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan serat dalam oat jauh lebih tinggi daripada nasi putih, menjadikannya pilihan yang baik untuk menjaga kenyang lebih lama. Kandungan serat larut dalam oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Konsumsi oat juga menjaga stabilitas kadar gula darah, baik untuk penderita diabetes, dan memberikan energi bertahan lama dengan karbohidrat kompleksnya. Oat bisa disajikan dalam bentuk bubur oatmeal atau digunakan sebagai bahan tambahan dalam kue dan makanan panggang lainnya.



4. Barley (Jelai)


Barley adalah biji-bijian kuno yang sering digunakan dalam masakan Timur Tengah dan Mediterania. Setiap 100 gram barley matang mengandung sekitar 28 gram karbohidrat, namun barley juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral seperti selenium dan magnesium.

Serat dalam barley membuatnya lebih lambat dicerna daripada nasi putih, sehingga baik untuk menjaga rasa kenyang lebih lama. Makanan ini tinggi serat larut yang mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mengontrol gula darah.

Manfaat lainnya mengandung beta-glukan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk fungsi tubuh. Barley bisa diolah menjadi sup, salad, atau dijadikan pengganti nasi dalam hidangan apapun.

5. Bulgur


Bulgur adalah biji-bijian yang terbuat dari gandum yang sudah direbus, dikeringkan, dan digiling kasar. Setiap 100 gram bulgur matang mengandung sekitar 18 gram karbohidrat. Kandungan serat bulgur lebih tinggi daripada nasi putih, sehingga membantu menjaga kenyang lebih lama dan baik untuk kesehatan pencernaan.

Manfaat konsumsi bulgur lainnya adalah tinggi serat yang membantu pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah. Lebih rendah kalori daripada nasi putih, sehingga baik untuk menurunkan berat badan hingga mengandung protein dan zat besi yang mendukung fungsi otot dan kesehatan darah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)