7 Manfaat Naik Tangga selama 15 Menit, Turunkan Kolesterol hingga Panjang Umur

Rabu, 18 September 2024 - 15:40 WIB
loading...
7 Manfaat Naik Tangga...
Ada banyak manfaat rutin naik tangga selama 15 menit untuk kesehatan. Tidak naik lift dan menggunakan tangga perubahan gaya hidup kecil yang membuat perbedaan. Foto/Harvard Health
A A A
JAKARTA - Ada banyak manfaat rutin naik tangga selama 15 menit untuk kesehatan . Tidak naik lift dan menggunakan tangga adalah perubahan gaya hidup kecil yang dapat membuat perbedaan besar bagi kebugaran dan kesehatan.

Jika Anda gagal menurunkan berat badan, naik tangga yang dilakukan secara konsisten selama jangka waktu tertentu dapat membantu. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang yang menaiki lebih dari lima anak tangga setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak menaiki tangga, orang yang secara teratur menaiki lima anak tangga memiliki kemungkinan 20 persen lebih kecil untuk mengalami masalah jantung atau stroke. Hal ini sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Atherosclerosis.

Berikut manfaat naik tangga selama 15 menit dilansir dari Times of India, Rabu (18/9/2024).

7 Manfaat Naik Tangga selama 15 Menit





1. Menurunkan Berat Badan


Dibandingkan dengan berjalan, menaiki tangga dianggap sebagai latihan yang lebih intens dan dapat membantu membakar lebih banyak kalori. Meningkatkan kecepatan menaiki tangga atau melangkah beberapa langkah sekaligus dapat lebih meningkatkan jumlah kalori yang dibakar.

Menurut sebuah penelitian oleh American Council on Exercise, menaiki tangga dapat membakar sekitar 8 hingga 11 kalori per menit.

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol


Naik tangga dapat membantu meningkatkan detak jantung yang memperkuat otot jantung. Selain itu, naik tangga juga membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Naik tangga meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh yang dapat menurunkan risiko pembekuan darah, aterosklerosis, dan hipertensi.

Menurut BMC Public Health, naik tangga secara teratur dikaitkan dengan profil lipoprotein yang lebih sehat, berat badan dan tekanan darah yang lebih rendah, serta kebugaran aerobik yang lebih tinggi.

3. Baik untuk Kesehatan Mental


Naik tangga dapat meredakan gejala kecemasan dan depresi karena proses ini membantu melepaskan endorfin, yang dikenal sebagai hormon bahagia, dan dapat meningkatkan perasaan bahagia dan rileks. Menurut artikel NCBI, naik tangga secara teratur dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik.



4. Mengontrol Diabetes


10 menit berjalan kaki di tangga setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Menurut sebuah penelitian, orang yang lebih sering menaiki tangga di rumah memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit ini. Bahkan menaiki tangga selama 3 menit dapat memberikan keajaiban bagi konsentrasi glukosa dan insulin.

Menurut sebuah penelitian selama 12,1 tahun terhadap peserta UK Biobank, mereka yang menaiki tangga secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

5. Menyehatkan Jantung


Kebiasaan naik tangga dapat meningkatkan kesehatan jantung secara signifikan. Kebiasaan ini dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Berdasarkan temuan yang dipaparkan di ESC Preventive Cardiology 2024, orang yang naik tangga secara teratur mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular hingga 39 persen dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan tangga.

6. Menghilangkan Perut Buncit


Naik tangga dapat membantu Anda menghilangkan perut buncit secara efektif. Ini bukan hanya latihan yang baik untuk menghilangkan lemak perut, tetapi juga membantu mengencangkan bokong, paha, dan betis.



7. Panjang Umur


Orang yang rutin menaiki tangga menikmati umur panjang karena membantu meningkatkan berbagai aspek kesejahteraan. Temuan yang dipresentasikan pada konferensi dari European Society of Cardiology, menemukan orang yang menaiki tangga memiliki risiko 24 persen lebih rendah mengalami kematian karena sebab apa pun, atau meninggal karena sebab apa pun, dibandingkan dengan mereka yang tidak menaiki tangga.

Orang yang menaiki tangga juga memiliki peluang 39 persen lebih rendah untuk meninggal karena penyakit kardiovaskular.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)